Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara, Pemula Wajib Tau!!!

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara, Pemula Wajib Tau!!!.

Ikan Mas Koki Mutiara adalah spesies ikan mas eksotis yang kuat dan memiliki karakteristik sisik mutiara yang khas. Sebagai satu-satunya ikan mas dengan sisik mutiara, mereka sangat populer di kalangan penggemar akuarium dan cocok untuk memelihara ikan keluarga, terutama untuk menambah variasi pada akuarium. Mereka bulat dan terlihat sangat lucu saat berenang.

Keunikan spesies ini memang cukup menarik, apalagi jika dilihat sepintas tentunya tergantung dari badannya yang bulat dan sisiknya yang hampir seperti mutiara, itulah nama asalnya sehingga sangat terkenal hingga saat ini.

Pembahasan tentang ikan hias ini tidak ada habisnya dan spesiesnya semakin banyak, jadi mari kita lihat lebih dekat ikan mas mutiara ini. Mari kita simak penjelasan di bawah ini dan pahami ciri-cirinya!

Baca Juga : Arti A1 B1 Saat Jual Beli Ikan Hias

Asal Usul Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara

Ikan hias ini sangat berbeda dengan ikan hias biasa, karena tidak dibiakkan di Jepang atau China seperti spesies lainnya, melainkan dibiakkan di Inggris, memiliki warna tubuh merah dan sisik yang jelas di tubuhnya, yang sangat indah. menarik.

Sisiknya memang muncul di permukaan kulitnya yang bergerigi, seperti jagung yang dikupas, dan sisiknya yang transparan juga berwarna putih dan terlihat seperti jerawat, dan tubuhnya yang bulat adalah yang terbaru hingga sebelum awal abad ke-20 Catatan nyata tentang mereka.

Ikan ini memiliki umur yang sangat panjang, tetapi tergantung pada akuarium atau lingkungan tempat tinggalnya, karena usia paling umum ikan ini bisa mencapai 10-15 tahun, dan terkadang dapat meningkat hingga 20 tahun jika dilakukan perawatan yang tepat.

 Ikan mas jenis ini bisa tumbuh sekitar 10-15 cm, namun jika pemiliknya merawatnya dengan baik, itu soal lain, akan berdampak besar pada kondisi kehidupannya, dan bisa tumbuh hingga 2 kali lipat dari ukuran aslinya. Umumnya memiliki akuarium yang terawat.

Ciri Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara jambul

Seperti banyak jenis ikan mas hias lainnya, koki mutiara berbentuk telur, tidak panjang dan kurus seperti ikan mas atau komet pada umumnya. Perut cembung dengan sisik mutiara menunjukkan deretan sisik yang rapi menutupi tubuhnya. Sisiknya terlihat seperti mutiara karena bagian tengahnya yang menonjol. Sisik mutiara umumnya memiliki ekor ganda, meskipun tidak selalu demikian.

Makanan Terbaik Ikan Mas Koki Mutiara


Pakan terbaik ikan mas koki mutiara

Beli Makanan Mas Koki Mutiara

Ikan jenis ini sebenarnya tergolong omnivora yang bisa memakan banyak hal, namun kebanyakan pemilik menyediakan jenis makanan beku yang dianggap unggul sehingga dapat membantu mencegah masuknya bakteri ke dalam akuarium daripada makanan hidup.

Pemilik bisa memberikan jenis flake/flake food ini, namun harus direndam terlebih dahulu sebelum disajikan karena jenis ikan hias ini sangat rentan mengalami masalah kantung renang atau konstipasi yang menyebabkan perut kembung, apalagi jika diberikan pakan yang salah.

Pencegahan konstipasi juga dapat diatasi dengan pemberian pakan jenis ini yaitu kacang polong yang dikupas, karena makanan ini dapat menjadi bagian dari diet rutin agar konstipasi tidak terjadi hingga pemberian makan terjadi minimal seminggu sekali.

Harga Ikan Mas Koki Mutiara

harga mas koki mutiara

Beli Ikan Mas Koki Mutiara

Harga ikan koki mutiara atau ikan mas yang paling unik ini bervariasi dan biasanya tergantung ukuran dan kualitasnya iasanya berukuran sekitar 4-5 cm, selain itu yang rarity atau tampilan istimewa biasanya harga jualnya juga cukup mahal.

Jenis ikan yang memiliki jengger asing akan memiliki harga yang jauh lebih tinggi, karena jengger dianggap lebih indah untuk menarik perhatian orang yang melihatnya, dan harga jualnya juga lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak memiliki jengger atau jambul.

Selain itu, jenis ini siap pemeliharaan atau memiliki keindahan yang mencolok, salah satunya berwarna hitam polos yang dianggap sebagai ikan mas mutiara langka dan unik yang memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Tips Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara

cara memelihara ikan mas koki mutiara

Jika Anda ingin memelihara ikan mas mewah yang unik tetapi belum berpengalaman, ikan mas mutiara adalah cara yang bagus untuk dicoba. Mereka adalah jenis yang sangat kuat dan lebih tahan terhadap infeksi daripada banyak jenis eksotik lainnya.

Mereka suka hidup di suhu yang lebih dingin, yang berarti Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam mengatur suhu akuarium Anda. Ini juga berarti Anda dapat menempatkannya di kolam luar jika Anda mau, meskipun tidak terlihat cantik.

Baca Juga : 4 Ikan Koi Terbesar Didunia, Kalian Wajib Tau!!!

Ikan Mas akan dengan senang hati hidup di kolam terbuka, selama Anda dapat memastikan mereka memiliki lingkungan hidup yang bersih, aman, dan terawat.

Selain itu ada 3 Hal Penting Sebelum Pelihara Mas Koki, Apa saja ? Berikut 3 hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara ikan mas koki mutiara dirumah.

Menyediakan Tempat Yang Nyaman

Tempat adalah langkah pertama yang harus disiapkan, jangan lupa perhatikan kenyamanan, karena ikan mas jenis ini sangat menyukai tempat yang besar, apalagi ikannya besar, jadi sangat disarankan untuk menyediakan tempat yang besar. .

Untuk pemeliharaan sekarang bisa menggunakan aquarium indoor dengan volume air minimal 250 liter, agar ikan tetap bisa bergerak bebas, sehingga ikan ini lebih betah di habitat kolam yang besar, sehingga bisa tumbuh dengan optimal dan sehat.

Jaga Kebersihan dan pH Air

Kebersihan juga menjadi faktor utama penunjang kelangsungan hidup ikan mas ini, karena jika tidak dijaga akan rentan terhadap berbagai penyakit, apalagi jika habitatnya terlalu kotor.

Anda sangat disarankan untuk sering-sering membersihkan akuarium yang digunakan untuk kelangsungan hidup ikan mas, sehingga hal ini dapat dilakukan dengan mengurasnya, apalagi sekarang sudah banyak teknik untuk menguji kebersihan air, sehingga pemilik tidak perlu menunggu sampai air menjadi keruh.

Penggunaan filter jenis ini juga dapat membantu pemilik untuk menjaga kebersihan habitat, serta memperhatikan suhu air, umumnya ikan mas dapat mentolerir suhu 20-23 derajat Celcius, pH yang dibutuhkan sekitar 6,8-7,6.

Pilih Dekorasi Secara Selektif

Pemilihan dekorasi juga harus diperhatikan, tidak hanya untuk mempercantik tampilan akuarium saja, dalam memelihara ikan hias jenis ini juga harus diperhatikan penggunaan dekorasinya, dan tidak boleh dipasang sembarangan, terutama untuk budidaya ikan mas rawa hitam. sangat sensitif.

Dekorasi yang cocok bisa menggunakan jenis-jenis tanaman yang cocok jika ditempatkan di akuarium, salah satunya marimo ball, bolbitis (African water fern), java fern, amazon sword, foto, anubias, bisa juga menggunakan tanaman terapung seperti air eceng gondok, selada air, duckweed dan katak lapangan.

Baca Juga : Kalian Harus Tau Nih Warna Air Yang Bagus Untuk Budidaya Ikan

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara

Sebagai pemilik ikan koki mutiara, sangat disarankan untuk memberikan perhatian ekstra pada sisik yang dimilikinya yang sangat rapuh, sehingga perawatan sisik yang tidak hati-hati akan menyebabkan kerusakan, yang dapat terjadi bila akuariumnya kecil tetapi berisi cukup banyak ikan agar terlihat kokoh.

Selain itu, bisa juga karena memiliki banyak ornamen di akuarium Anda, yang meningkatkan kemungkinan mereka mengenai benda-benda keras tersebut, jadi Anda harus benar-benar memikirkan penggunaan ornamen agar sisiknya tidak rontok.

Sisik pada ikan tidak akan tumbuh lagi, sehingga pemilik selalu menjaga kualitas sisik tersebut agar penampilannya berubah drastis bahkan ciri-ciri yang dimilikinya akan hilang.

Penutup

Nah itulah tadi beberapa Tips dan Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara Yang Wajib Diketahui oleh Pemula. Semoga kalian yang sedang ingin memelihara ikan mas koki ini merasa terbantu ya. Selamat Mencoba!

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Mas Koki Mutiara, Pemula Wajib Tau!!!"

RajaBackLink.com