Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Warna Air Yang Baik Untuk Budidaya Ikan

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Cara Mengecek Warna Air Yang Baik Untuk Budidaya Ikan.

Sobat yang terbiasa membudidayakan ikan di kolam tentu tidak asing lagi dengan warna warni air yang mengalir dari proses budidaya ikan.

Namun, bagi sebagian pembudidaya ikan pemula, kualitas airnya tidak sesuai dan wajar saja bingung. Kadang hijau, kadang coklat, bahkan hitam.

Perubahan warna air tambak disebabkan oleh baku mutu air tambak yang tidak memenuhi syarat. Oleh karena itu, pembudidaya ikan tidak perlu heran ketika mengetahui warna air berubah.

Mereka hanya perlu menganalisis dan mencari tahu penyebabnya. Tidak jarang perubahan warna terjadi lebih dari satu kali selama masa budidaya.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Discus Untuk Pemula

Warna air ikan umumnya ditentukan oleh jenis plankton dan bahan organik yang terkandung di dalamnya. Naungan warnanya menunjukkan kepadatannya, misalnya hijau tua berarti mengandung banyak fitoplankton, sedangkan warna airnya hijau muda.

Warna Air уаng Baik

Warna perairan umumnya ditentukan oleh jenis plankton dan bahan organik yang terkandung di dalamnya.

Intensitas warna menunjukkan kepadatan kedua hal tersebut, misalnya hijau tua berarti mengandung fitoplankton tingkat tinggi, berbeda dengan warna air hijau muda.

Di kolam ikan, faktor ini ditambah dengan jenis ikan dan jenis fasilitas (kolam di atas tanah/terpal) dan peralatan pendukung (aerator, jaring, plastik UV, dll.). 

Warna kolam ikan dapat terjadi secara alami dan dengan perlakuan – dengan kata lain, ada sesuatu yang sengaja ditambahkan untuk menghasilkan warna tertentu.

Perubahan warna juga sering terjadi, sehingga tidak hanya satu warna dalam satu musim tanam.

Faktor Warna Air Budidaya Ikan

Faktor lain juga termasuk jenis ikan dan jenis fasilitas (kolam tanah/terpal) dan peralatan pendukung yang digunakan (aerator, paranet, plastik UV, dll). 

Warna air kolam juga bisa berubah jika Anda sengaja menambahkan sesuatu untuk mendapatkan warna tertentu.

Warna yang berbeda sering ditemukan di kolam ikan: hijau muda, coklat muda, hijau/coklat tua, putih keruh dan merah kecoklatan.

Air Hijau Muda Di Kolam

Air di kolam berwarna hijau pucat atau hijau pucat, menunjukkan kerapatan klorofil plankton yang rendah, yang diklasifikasikan sebagai cyanobacteria dan Gloeotrichia echinulata. Plankton ini berfotosintesis pada siang hari dengan bantuan sinar matahari, sehingga kadar oksigen meningkat.

Air Hijau MudaDi Kolam

Ini bagus karena meningkatkan nafsu makan lele. Namun pada malam hari, plankton menghasilkan CO2 (karbon dioksida), sehingga kadar oksigen turun. Warna hijau muda ini banyak dijumpai pada kolam terpal, beton dan fiber dengan komoditi lele, nila dan gurame. Air kolam berwarna coklat muda

Air Coklat Muda Di Kolam

Warna air tambak yang berwarna coklat muda merupakan warna yang paling banyak dijumpai misalnya pada kolam tanah, kolam air berat, dan kolam beton. Ini menunjukkan warna air yang kecoklatan bahwa kandungan organik dan mineralnya cukup terjaga untuk dijadikan sebagai sumber gizi. Warna coklat muda juga merupakan tanda bahwa pemberian makan tidak berlebihan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Agar Cepat Besar

Air Hijau Tua Di Kolam

Seperti yang sudah disebutkan, warna hijau disebabkan oleh padatnya populasi plankton dan bahan organik, sedangkan warna coklat tua disebabkan oleh padatnya pupuk kandang, sisa pakan dan lumpur. Pada kolam bioflok warna ini menjadi alami berkat sistem pemeliharaan bioflok sengaja ditambahkan embrio sebagai suplemen makanan.

Warna air yang pekat ini juga mencegah stres pada ikan karena bebas dari bayangan dan hama dari luar kolam. Sebaliknya, pada tambak alami dengan warna gelap harus lebih diperhatikan, karena kondisinya kurang baik akibat kepadatan barang yang terlalu tinggi dan kotoran organik. 

Disarankan untuk memberikan aerasi pada malam hari karena populasi plankton dan bakteri akan menyerap oksigen pada malam hari.

Air Merah Kecoklatan Di Kolam

Warna merah tambak menunjukkan adanya sistem air merah yang menambahkan bakteri probiotik (ragi Lactobacillus dan Saccharomyces) untuk mengurai limbah dan menjaga kualitas air. Warna ini sering dijumpai pada barang ikan lele di kolam terpal, beton dan fiber.

Pembudidayaan ikan lele dengan sistem ini terbukti memiliki pertumbuhan yang baik karena kandungan bahan organiknya yang tinggi, meskipun volumenya tinggi namun berfungsi sebagai suplemen makanan. 

Selain karena adanya bakteri probiotik, warna ini juga dihasilkan oleh plankton yang memiliki pigmen berwarna merah, seperti diatom dan ganggang merah.

Air Putih Keruh Di Kolam

Warna putih yang terjadi secara alami menandakan ada yang tidak beres karena menunjukkan banyaknya kapur/mineral yang tersuspensi. Penggunaan kapur/mineral yang berlebihan berdampak langsung pada peningkatan kadar dH dan pH.

Untuk mengatasinya, air diganti atau diendapkan untuk menyesuaikan tingkat dH dan pH seperti yang diharapkan. 

Warna putih juga disebabkan oleh populasi bakteri ragi Bacillus dan Saccharomyces. Dalam Sistem Air Merah, putih adalah fase normal dari perubahan warna dari hijau, putih menjadi merah.

Air Jernih Di Kolam

Seringkali orang yang memelihara ikan salah paham akan hal ini, menganggap kolam ikan yang airnya terlalu jernih itu bagus, karena berarti air di kolam itu bersih. Padahal, tidak disarankan karena komposisi alaminya tidak seimbang karena kurangnya nutrisi organik.

Artinya, jumlah plankton, baik bahan organik maupun anorganik, sedikit. Padahal ketiga hal tersebut kondusif bagi pertumbuhan ikan. Selain itu, warna air di kolam dapat menarik hama dan ikan pemangsa (burung) dari luar kolam, yang mengancam keselamatan ikan dan membuat ikan stres.

Penutup

Nah itudia jenis enis warna air kolam yang perlu diketahui pembudidaya ikan Silahkan tentukan warna air yang cocok untuk ikan anda. Selamat budidaya ikan dan semoga berhasil.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Warna Air Yang Baik Untuk Budidaya Ikan"

RajaBackLink.com