Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ikan Peacock Bass (Pbass) Terpopuler

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Jenis Ikan Peacock Bass (Pbass) Terpopuler.

Ikan Peacock Bass atau Pbass/Pibas merupakan jenis ikan predator yang cukup populer. Ikan hias air tawar ini merupakan salah satu ikan terbesar dalam keluarga cichlid. Ikan Pbass berasal dari perairan hangat di benua Amerika.

Di Brazil Ikan Pbass disebut dengan Tucunaré, dan mereka dapat tumbuh dengan sangat cepat dan bertambah 5 hingga 30 cm per tahun, tergantung pada spesies, tahap kehidupan, serta kualitas air dan makanan. 

Ada banyak Jenis Ikan Peacock Bass, yang paling umum adalah Cichla monoculus, Cichla occelaris dan Orinoco. Lainnya, seperti Cichla Temensis, Azul dan Xingu, juga diburu oleh pecinta ikan predator.

Meski ikan Pbass terlihat mengancam, warna hijau keemasannya yang indah membuat banyak pecinta ikan jatuh hati pada ikan liar ini.

Saat ini ada 15 spesies Ikan Pbass, sembilan di antaranya dideskripsikan baru-baru ini pada tahun 2006 yang lalu. Mereka semua adalah predator pemakan ikan yang memangsa ikan lain. Berikut jenis-jenis peacock bass yang perlu Anda ketahui.

Jenis Ikan Peacock Bass (Pbass) Paling Populer

1. Cichla Ocellaris (Butterfly Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla ocellaris

Spesies cantik ini berasal dari Guyana Prancis, Suriname, Guyana, dan Brasil. Sebagian besar ditemukan di negara Guyana, di mana mereka disebut Lukani, tetapi Pbass Cichla ocellaris juga ditemukan di Rio Uraricoera, Brasil. Mereka telah diperkenalkan ke Florida Tenggara, Guam, Puerto Rico, dan Panama.

Panjang maksimum sekitar 60-70 cm. Remaja memiliki pola belang-belang tiga titik yang mirip dengan yang terlihat pada Pbass Cichla Monoculus. Ikan dewasa memiliki bintik emas di ujung ekornya. Pada beberapa spesimen, perut dan tenggorokan berwarna merah. 

Ada banyak varian lokasi yang berbeda. Di Sungai Maroni antara Guyana Prancis dan Suriname, varian berbentuk bagus dengan mata merah tua dan rona keemasan muncul.

Baca Juga : Jenis Ikan Cichlid Malawi Paling Populer

2. Cichla Orinocensis (Orinoco Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla orinocensis

Habitat orinocensis Cichla meluas di sepanjang Rio Negro dan Rio Uaupes dekat Mitu, hilir ke Manaus. Seperti yang ditunjukkan oleh nama ilmiahnya, Cichla orinocensis tersebar luas di sistem Sungai Orinoco. 

Di sana, spesies tersebut hidup di sungai Inirida, Atabapo, Guarrojo, Guaviare, Meta, Aguaro, dan Caroni. Spesies ini juga ditemukan di Rio Blanco, Rio Praquequara dan Rio Casiquiare. Mereka biasanya hidup di air hitam.

Ada variasi lokal warna dasar dari hijau ke biru. Michael Bottner menangkap dan memperkenalkan beberapa remaja dari Rio ke Venezuela, dan mereka tumbuh menjadi luar biasa. Pada varian ini, tenggorokan dan siripnya berwarna merah pekat. 

Ketika dalam bentuk goreng, mereka adalah bintik-bintik tiga dengan batas emas pucat di setiap sisinya. Beberapa ikan memiliki mata merah cerah. Cichla orinocensis dewasa memiliki tiga bercak melingkar dengan batas emas cerah. Panjang maksimal kurang lebih 60 cm.

3. Cichla Monoculus (Monoculus Peacock)

Gambar Ikan Cichla monoculus

Cichla monoculus adalah ikan pbass terkecil dan juga spesies yang paling tersebar luas. Mereka ditemukan di Brasil dari Tabatinga ke Kepulauan Marajo dan di sungai Solimoes, Tapajos, Trombetas dan Tefe, di Yarina Cocha (Ucayali) di Peru, Rio Napo di Ekuador dan di Kolombia dekat Letitia. Namun, area distribusinya bisa lebih jauh lagi. Mereka disebut "Papoca" oleh nelayan pribumi.

C. monoculus juga memiliki banyak variasi lokal. Populasi yang sangat baik diketahui ada di Danau Mazan dan Evira, tempat Michael Bottner secara teratur mengimpor spesimen. Ikan dari Rio Nanay terlihat kurang mengesankan.

Remaja C. monoculus memiliki tiga garis di sepanjang tubuh, dan dewasa memiliki bintik emas di ujung pangkal ekor. Ikan ini panjangnya sekitar 60-70 cm..

4. Cichla Intermedia (Royal Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla intermedia

Spesies berukuran sedang ini ditemukan di Venezuela dan termasuk Rio Cinaruco dan Rio Apure, Casiquiare (Rio Cunucuna, Rio Cataniapo), Rio Who dan Rio Caura yang lebih kecil.

Remaja, panjang 4-5 cm, memiliki garis memanjang di tengah tubuh. Mulai dari ukuran sekitar 8-10 cm, mereka juga memiliki enam sampai tujuh garis vertikal yang berlanjut hingga dewasa. Pada spesimen yang matang secara seksual, warna dasarnya kuning tua dan siripnya merah bagus.

Cichla intermedia adalah penghuni perairan hitam dan lunak. Sejak 2016, eksportir Venezuela telah menawarkan spesies ini dengan harga yang sangat tinggi. Mereka akhirnya bisa mencapai panjang total sekitar 70 cm. Ikan ini kadang disebut merak belang hitam.

5. Cichla Nigromaculata (Blackback Peacock)

Gambar Ikan Cichla nigromaculata

Cichla nigromaculata berasal dari Orinoco atas, anak sungai Casiquiare dan sungai Negro tengah, termasuk Mahuaca dan Who. Ini adalah spesies Cichla terkecil. Garis-garis vertikal bisa berwarna hitam pekat, terutama di punggung, dan sirip punggung bisa menjadi hitam legam. Spesimen dewasa yang ditangkap oleh Michael Bottner di Venezuela memiliki panjang 35 cm.

Baca Juga : Jenis Ikan Louhan Populer dan Harganya

6. Cichla Kelberi (Yellow Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla kelberi

Cichla kelberry adalah salah satu anggota genus yang lebih kecil, asli Brasil. Mereka tinggal di daerah aliran sungai Rio Araguaia dan di daerah aliran sungai Rio Tocantins yang lebih rendah.

Mereka diperkenalkan ke negara bagian Rio Grande do Norte (Minas Gerais dan Ceara), Rio Paraiba do Sul (Rio de Janeiro), Porto Primavila dekat Rio Paraná, Jupi Terres Elmos, Ilja Soltera, San Simão, Porto Kolombia, bendungan Volta Grande.

Jaguara, Estreito, Promissao, Igarata dan Paraibuna, bendungan di Cekungan Paraná, Brasil, Funil dan Ribeirao das Lajes, bendungan di Rio Paraíba do Sul, bendungan Xingo di Rio San Francisco, bendungan Pacoti Riachao dekat Fortaleza di Ceara, dan bendungan Rio Tocantins di Serra da Mesa.

C. kelberi sangat mirip dengan C. monoculus. Ada banyak varietas lokal yang berbeda, yang paling indah berasal dari Rio Araguaia. Ikan ini memiliki banyak bintik emas di siripnya dan sebagian di tubuhnya. 

Spesies ini sering dijual di Asia sebagai keturunan induk penangkaran; kualitas bervariasi. Panjang bass merak emas sekitar 45-50 cm. Mereka dinamai Dieter Kelber, yang mendukung penelitian Cichla. Mereka juga dikenal sebagai kelp peacock bass.

7. Cichla Melaniae (Xingu Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla melaniae

Xingu peacock bass hanya terdapat di Rio Xingu dan Rio Fresco, di mana spesimen ditangkap di antara batuan lava dalam air yang mengalir deras dengan pH 6,5,1 °dGH dan suhu 32 °C. Cichla melaniae muda memiliki garis memanjang di tengah tubuh, mirip dengan yang terlihat pada C. temasis, C. piquiti, dan C. pinima, yang menghilang seiring bertambahnya usia.

Saat ikan ini berukuran panjang 15-20 cm, banyak bintik terang muncul di sekujur tubuh dan di sirip ekor. Di usia tua, bintik-bintik menjadi agak kurang terlihat. Selama masa kawin, pasangan berubah menjadi hijau tua. C. melaniae panjangnya bisa mencapai 70 cm.

Xingu peacock bass sebelumnya bernama Cichla sp. Xingu I dan II. Michael Bottner membiakkan C. melaniae ke ratusan individu beberapa tahun lalu dan spesies ini menyebar ke aquarists di seluruh dunia. Beberapa lainnya telah membiakkan mereka sejak saat itu.

8. Cichla Piquiti (Blue Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla piquiti (azul)

Bass merak biru yang indah dan khas ini berasal dari Cekungan Amazon yang lebih rendah di Brasil dan juga dapat ditemukan di Rio Itacaunas, Malabar, Itipiranga, Alto Tocantins, dan tangkapan Sungai Araguaia, dekat Cocalinho, di muara Teluk Rio das Mortes di itu...

Remaja memiliki garis memanjang di bagian tengah dan pola titik terang terlihat di C. temensis dan C.pinima, yang kemudian menghilang. Orang dewasa memiliki warna biru yang indah, tergantung pada pencahayaan di dalam tangki. 

Sebelum dideskripsikan, spesies ini dikenal sebagai Cichla sp. Araguaia dianggap sebagai varian dari C. temensis. Di Singapura dan Brazil, spesies ini biasanya dijual sebagai remaja. Panjang kurang lebih 90 cm.

9. Cichla Mirianae (Tapajós Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla mirianae

Spesies ini ditemukan di daerah bagian Mato Grosso, Brasil, lebih tepatnya di hulu sungai Tapajoz, Juruena, Tres Pires, Fresco, Batovi, Kulue dan Suyamisu serta danau-danaunya (New Ancient River Basin). 

Satu-satunya spesimen akuarium sejauh ini berasal dari Rio Batovi (pada peta saat ini, sungai tersebut ditandai sebagai Rio Tamitatoala). Mereka juga merupakan jenis asli Crenicichla rosemariae atau pike cichlid Rosemarie.

10. Cichla Temensis (Speckled Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla temensis

Perwakilan dari genus terbatas pada Sungai Blackwater dan anak-anak sungainya. Penangkapan mereka tercatat di banyak tempat di sepanjang Rio Negro di Brasil dan Venezuela, dan di beberapa wilayah Rio Blanco. 

Lokasi penangkapan ikan lainnya yang tercatat adalah di Sungai Solimos/Amazon di Sungai Tefi, Sungai Placquara, Sungai Uatuma Hilir, Sungai Eve Preto, dan Danau Saraka. 

Lowe-McConnell (1969) juga menyebutkan spesies ini di Rio Branco, Guyana, spesimen dewasa di Rio Jamari, dan spesimen kecil di Lago Genipapo dengan sirip merah lebat.

Saat remaja, garis panjang mengalir di tubuh. Begitu mereka tumbuh sekitar 15 sampai 20 cm, mereka memiliki bintik-bintik cerah yang mengingatkan pada bintik-bintik rusa. 

Pola dan garis vertikal ini menghilang saat semakin besar. Kemudian tiga garis hitam terbentuk di sayap dan pola hitam muncul di penutup insang. CichlaTEMensis dapat tumbuh hingga panjang sekitar 100 cm.

Baca Juga : Jenis Ikan Manfish dan Hargnya

11. Cichla Pinima (Spotted PeacockBass)

Gambar Ikan Cichla pinima

Wilayah spesies Brasil ini mencakup Rio Tapajos yang lebih kecil, RioCurua Una, dan Rio Capim. Mereka juga ditangkap (tetapi mungkin dibawa ke sana) di selatan sungai Amapa dan Arapiens dan di selatan sungai Paraguazu. 

Sebagai remaja, Cichla pinima memiliki garis memanjang di sepanjang garis tengah yang menghilang seiring bertambahnya usia. Tiga titik muncul pada awalnya, tetapi seiring bertambahnya usia ikan, mereka berubah menjadi garis-garis bermata emas.

C. pinima dulu disebut Cichla sp. Tapajos juga dianggap sebagai varian dari C. temasis. C. pinima juga dijual sebagai ikan penangkaran di Singapura. 

Spesies ini sangat agresif dan dapat mencapai panjang 80-90 cm. Pinima adalah sebuah kata dalam bahasa lokal Tupi-Gurani yang berarti titik.

12. Cichla Vazzoleri (Vazzoler’s Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla vazzoleri

Cichlid ini asli dari pusat Rio Uatuma dan juga ditemukan di Rio Trombetas. Cichla vazzoleri mungkin belum muncul secara komersial, dan kita hanya tahu sedikit tentang spesies ini. Pemancing melaporkan bahwa ikan itu kuat dan agresif, mereka menyerang mangsanya dengan agresif.

Ikan itu tumbuh hingga 75 cm dan berat 6,3 kg. C. vazzoleri dinamai menurut penemunya, Gelso Vazzoler, seorang ahli biologi perikanan Brasil yang mengumpulkan jenis spesimen yang digunakan untuk mendeskripsikan spesies tersebut.

13. Cichla Jariina (Rio Jari Peacock Bass)

Gambar Ikan Cichla jariina

Cichla jariina hanya dikenal di daerah sekitar Rio Jari, Cachoeira Itacari dan Cachoeira Santo Antonio. Seperti banyak spesies Cichla lainnya, ia memiliki tubuh bergaris. Ketika panjangnya sekitar 10-12 cm, muncul pola seperti rusa yang mirip dengan C. TENSIS.

Pada panjang 25-30 cm, bintik-bintik cerah memudar dan tanda-tandanya terlihat seperti tanda-tanda C. pinima. Ada sangat sedikit informasi tentang spesies ini, dan kami tidak mengetahui ukuran dewasanya atau banyak detail tentang biologinya.

14. Cichla Thyrorus (Thyrorus Peacock)

Gambar Ikan Thyrorus Peacock

Cichla thyrosus hanya ditemukan di air terjun Rio Trombetas dekat Cachoeira Porteira. Spesies ini mirip dengan C. jariina, C. pinima, C. TEMensis dan C. vazzoleri pada semua tahap pertumbuhannya. 

Ini adalah spesies lain yang hanya sedikit kita ketahui. Spesimen liar terbesar yang diketahui memiliki panjang 80 cm dan ditangkap di Rio Trombetas, Brasil.

15. Cichla Pleiozona (Lake Gatun Peacock)

Gambar Ikan Cichla pleiozona

Habitat utama spesies ini adalah lembah Amazon Bolivia, termasuk sungai Madre de Dios, Beni, Mamore, dan Guapore di perbatasan Peru, Bolivia, dan Brasil, serta Sungai Jamari, anak sungai dari Sungai Madeira. 

Cichla pleiozona memiliki belang vertikal hitam yang lebih menonjol dibandingkan C. monoculus dan C. kelberi. Ukuran dewasanya 40-50 cm.

Penutup

Nah itu dia Jenis Jenis Ikan Peacock Bass (Pbass) yang Terpopuler di Dunia. Smeoga Artikel yang ngalongpedia sajikan ini sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semua.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Jenis Ikan Peacock Bass (Pbass) Terpopuler"

RajaBackLink.com