Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ikan Laut Paling Beracun dan Paling Mematikan di Dunia

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 10 Ikan Laut Paling Beracun dan Paling Mematikan di Dunia.

10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia penting untuk diketahui, terutama bagi sobat ngalong yang gemar menjelajahi lautan. 

Pasalnya, terkadang jenis-jenis ikan ini memiliki tampilan yang terlihat menarik dan tampak tidak berbahaya.

Namun nyatanya, beberapa diantaranya justru mengandung racun atau sejenisnya yang membahayakan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui dengan pasti jenis-jenis ikan ini sebagai antisipasi.

10 Ikan Laut Paling Beracun dan Paling Mematikan di Dunia, Berikut Daftarnya

Daftar ikan laut paling beracun dan mematikan

Berbagai jenis ikan atau makhluk hidup lain bisa Anda temui dengan mudah di lautan luas. Sebagian dari jenis tersebut, memiliki tampilan yang ganas dan mengerikan. 

Beberapa pula ada yang menyerang manusia, sementara lainnya memberikan cairan beracun berbahaya.

Terdapat pula tampilan atau jenis ikan yang lucu dan menggemaskan. Namun, belum tentu ikan dengan tampilan demikian tidak mengancam makhluk hidup lainnya.

Meski memiliki tampilan mini dan menggemaskan, bisa saja ikan ini justru mengancam makhluk lain dengan caranya tersendiri. 

Saat ini ngalongpedia telah merangkum 10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia yang dapat kalian baca di bawah ini.

1. Wels Catfish (Lele Predator)

ikan paling beracun dan mematikan
Sumber https://www.sci.news/

Ikan lele predator besar ini merupakan spesies ikan yang biasanya tinggal di kawasan Eropa Timur, Selatan, dan Tengah. 

Habitat jenis ikan ini biasanya dapat Anda jumpai dengan mudah di daerah cekungan lautan Baltik, Kaspia, dan Laut Hitam.

Mereka merupakan predator yang tak segan membunuh mangsanya dan sangat agresif. Umumnya, mereka memangsa makhluk laut lain seperti ikan, kodok, dan burung air.

Meski habitatnya terbilang jauh dari manusia, tetapi dapat ikan ini termasuk dalam deretan 10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia.

2. Lionfish

Ikan paling beracun dan mematikan
Sumber https://www.healthline.com/

Ikan singa atau Lion Fish terkenal melalui keindahan bentuk dan warnanya. Ikan cantik ini memiliki dorsal fin atau sirip perut berjumlah 18 buah yang terhubung dengan dua kelenjar bisa pada bagian tulang belakangnya.

Namun ternyata, dibalik semua keindahan siripnya ini terdapat kandungan racun yang berbahaya. 

Alih-alih menggunakannya untuk mencari mangsa, sirip berbisa tersebut lebih ia gunakan sebagai upaya pertahanan diri ketika merasakan ancaman. Sirip-sirip tersebut bekerja dengan cara menyuntikkan racun ke korban.

Keberadaan Ikan Singa ini dapat mengacaukan keseimbangan ekosistem, karena ia tidak memiliki predator alami dan dapat berkembang biak dengan sangat cepat.

3. Hiu Karang

Ikan paling berbahaya dan mematikan
Sumber https://www.smithsonianmag.com/

Ikan yang masih satu spesies dengan hiu ini menghuni laut tropis seluruh dunia. Mereka memiliki sirip dengan ujung berwarna putih sebagai ciri khasnya. Spesies hiu yang satu ini masuk dalam deretan 10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia. 

Pasalnya, hiu karang memiliki catatan pembunuhan yang lebih banyak ketimbang spesies hiu lain seperti hiu macan, hiu banteng dan hiu putih. Hal ini karena hiu karang kerap menyerang banyak manusia yang selamat dari bangkai pesawat maupun kapal yang jatuh ke dasar laut.

4. Hiu Banteng

ikan paling beracun dan berbahaya
Sumber https://www.thoughtco.com/

Hiu banteng merupakan spesies ikan yang mudah Anda jumpai di daerah perairan hangat, tenang, sekitar pantai, dan muara sungai. Keberadaannya menjadi yang paling mematikan daripada ikan berbahaya lain yang hidup di perairan hangat.

Ikan mematikan ini memiliki kemampuan ginjal yang memungkinkannya untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan perairan, bahkan di perairan tawar sekalipun. Melalui kemampuan beradaptasi tersebut meningkatkan kemungkinan untuk bisa mendekati zona manusia.

Sejauh ini terdapat total 121 laporan serangan ikan hiu banteng terhadap manusia. Ikan ini terbilang sangat cepat dan agresif, sehingga membantunya untuk memangsa makhluk apapun dengan mudah, tidak terkecuali hiu lain atau manusia.

Hal tersebut juga menjadikannya masuk dalam deretan 10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia.

5. Ikan Pari Listrik

ikan paling beracun dan berbahaya
Sumber https://www.istockphoto.com/

Ikan pari listrik memiliki tampilan yang sama dengan kebanyakan ikan pari lainnya, yaitu berbentuk gepeng dengan sirip lebar. Bedanya, ikan ini memiliki kelengkapan organ dengan mengandung listrik berbahaya tepat pada bagian bawah tubuh ikan.

Sekilas tampilan organ ikan yang mengandung listrik ini sama seperti pola ginjal manusia. Listrik yang tersimpan pada organ ini bertujuan sebagai alat pertahanan diri dan melumpuhkan mangsa.

Karena spesiesnya hanya dapat Anda temukan di kawasan dasar laut, membuat jenis ikan ini belum cukup terkenal. Warnanya hampir sama dengan dasar lautan sehingga membantunya untuk bersembunyi dari predator.

6. Ikan Pari Manta

Sumber wikipedia.org

Spesies ikan pari ini terkenal dengan keberadaan sirip dada yang panjang dan besar. Pari manta mempunyai ekor pendek yang terlihat mirip seperti cambuk. Beberapa spesies memiliki duri penyengat yang berbahaya untuk makhluk hidup lainnya.

7. Ikan Hiu Putih

Sumber https://nypost.com/

Jenis 10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia berikutnya adalah hiu putih. Ikan ini memiliki ukuran yang sangat besar dan menempati hampir semua pantai dan lautan. 

Ikan ini bahkan memiliki julukan sebagai mesin pembunuh. Pasalnya ikan ini memangsa 403 korban lebih sejak 1580, dan 65 dari korban tersebut merupakan serangan secara sadis dan fatal.

Sebenarnya ikan hiu putih tidak menjadikan manusia sebagai makanan utamanya. Mereka hanya menggigit untuk merasakan apakah manusia makanan enak atau tidak. Meski begitu, gigitan tersebut tetap dapat menimbulkan kematian.

8. Ikan Batu

ikan beracun dan mematikan
Sumber https://www.surfertoday.com/

Ikan batu memiliki duri beracun yang menjadikannya sebagai hewan laut yang mematikan. Apabila manusia terkena serangannya, maka mereka akan merasakan sesak nafas, diare, serta halusinasi.

Jika tidak dapat teratasi dengan baik, racun ini akan berakibat bahaya dan fatal. Tampilan warna ikan batu mirip dasar lautan sehingga cukup sulit untuk mengenalinya.

9. Ikan Buntal

ikan paling beracun dan mematikan
Sumber https://www.australiangeographic.com.au/

Ikan buntal ini mengandung tetrodotoxin yang merupakan racun berbahaya 1200 kali daripada sianida. Kandungan zat beracun ini terletak pada bagian ginjal, hati, mata duri pada tubuh ikan, serta sel telur ikan ini sendiri. 

Keberadaan racun ini membuat ikan buntal menjadi salah satu dari 10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia.

Apabila merasakan keberadaannya terancam, maka ikan ini akan menggembungkan tubuhnya, sebagai perlindungan diri dengan duri beracun. Racun tubuh ikan ini sangat berbahaya, bahkan bisa membunuh manusia hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Hingga saat ini belum ada obat pasti sebagai penawar racun dari tubuh ikan ini. Meski demikian, ikan buntal menjadi santapan favorit warga Jepang dan Korea. 

Hanya beberapa chef terpercaya saja yang memiliki izin untuk mengolah ikan ini menjadi santapan sehari-hari untuk manusia.

10. Paus Orca

Ikan paling berbahaya dan mematikan di lautan
Sumber https://edition.cnn.com/

Paus pembunuh, orca atau biasanya disebut sebagai seguni ialah spesies paling besar dari keluarga lumba-lumba. 

Sebenarnya, paus orca termasuk ke dalam golongan lumba lumba, akan tetapi, karena punya ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan lumba-lumba lain, maka banyak yang menyebut orca ini sebagai paus. 

Paus orca ini dapat dijumpai di seluruh samudra dari kawasan dingin sampai Arktik dan Antartika hingga kawasan yang memiliki suhu hangat.

Orca tersebut menjadi pemangsa puncak di laut. Sebagian besar, paus orca bakal memangsa ikan. Sementara itu, sebagian lagi akan memangsa mamalia laut yang lainnya. 

Mulai dari anjing laut, singa laut, walrus bahkan paus besar juga. Bahkan terdapat sebuah kejadian unik di mana paus orca ini menyerang hiu putih dewasa lalu memakannya.

Penutup

Nah itulah daftar 10 ikan laut paling beracun dan paling mematikan di dunia. Ketahui dan waspada selalu apabila Anda menjumpai satu dari sepuluh jenis ikan berbahaya tersebut.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "10 Ikan Laut Paling Beracun dan Paling Mematikan di Dunia"

RajaBackLink.com