Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Makanan Kura-Kura Ambon yang Sehat dan Bergizi

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Daftar Makanan Kura-Kura Ambon yang Sehat dan Bergizi.

Sobat ngalong, kura-kura ambon selalu menjadi pilihan yang menarik dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Karena perawatannya sangat mudah, dan yang terpenting adalah kura-kura tetap selalu bergairah untuk makan, sehingga membuat kura-kura akan tumbuh dan berkembang lebih besar.

Apalagi makanan kura-kura ambon yang satu ini tidak begitu sulit dan mudah untuk ditemukan. 

Kura-kura ambon termasuk hewan omnivora atau hewan yang memakan segalanya, tentunya akanlebih mudah proses perawatan dan pemeliharaannya.

Pada kesempatan kali ini PetPi akan memberikan beberapa penjelasan lengkap mengenai makanannya dan proses pemberian makanannya tersebut, yuk simak ulasannya secara menyeluruh.

Jenis-Jenis Makanan Kura-Kura

Kura kura ambon

Termasuk hewan yang paling banyak digemari dan populer di Indonesia membuat kura-kura selalu menjadi perhatian dan dilirik oleh para pecintanya.

Apalagi proses pemilihan makanannya pun tidak begitu sulit, pada artikel kali ini PetPi akan memberikan penjelasan lengkap mengenai jenis makanannya, yaitu :

1. Ikan

Untuk rekomendasi makanan pertama yang bisa diberikan adalah ikan, ini termasuk makanan yang ada di habitat aslinya.

Nah,beberapa jenis kura-kura termasuk kura-kura ambon akan menyukainya dan terbilang aman untuk dikonsumsi. Untuk memberikannya, pilih saja ikan yang berukuran kecil atau anakannya, jangan pilih yang terlalu besar. 

Pilih saja ikan air tawar yang masih segar, hindari untuk memberikan ikan laut yang sudah dibekukan atau tidak segar lagi karenakurang bagus untuk pertumbuhannya.

Pada beberapa ikan laut yang beku mempunyai kandungan enzim yang tinggi, sehingga membuat kandungan vitamin B1 nya sudah tidak ada dan mempengaruhi tumbuh kembang kura-kura nantinya. 

2. Buah dan Sayuran Segar

Kura-kura ambon termasuk dalam kategori hewan omnivora, sehingga makanan kura-kura ambon menyukai sayuran dan daging-dagingan.

Biasanya untuk kura-kura yang sudah berumur dewasaakan lebih menyukai memakan sayuran dan buah-buahan segar. Tetapi apabila kura-kura masih kecil lebih menyukai memakan daging. 

Untuk memberikan nutrisi dan gizi yang seimbang pada kura-kura, tidak ada salahnya memberikan buah-buahan dan sayuran yang segar.

Karena akan memberikan kekuatan dan membuat pertumbuhan pada tempurung kura-kura akan semakin lebih kuat. Oleh karena itu, penting untuk memberikannya dan mencukupi nutrisinya. 

3.Jangkrik

Rekomendasi makanan kura-kura ambon berikutnya adalah memberikan serangga atau jangkrik, karena kura-kura pada alam aslinya akan mengkonsumsi jenis makanan ini.

Hal ini tentunya makanan yang cocok untuk diberikan kepada kura-kura ambon. Pilih saja ukuran jangkrik yang kecil dan tidak terlalu besar yang lebih mudah untuk konsumsinya. 

Selanjutnya kamu bisa memilih untuk memberikan belalang, jentik nyamuk, semut dan beberapa jenis serangga lainnya.

Selainitu juga, kamu bisa memilih cacing beku atau cacing darah untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-harinya. Dalam tahap ini Anda tinggal menentukan dan mengkombinasikannya untuk diberikan. 

4. Cumi-Cumi

Makanan yang disukai oleh kura-kura ambon selanjutnya adalah cumi-cumi, karena makanan jenis ini mengandung banyak kalsium.

Kandungan kalsium tersebut membuat tulang yang semakin kuat dan terhindar dari penyakit metabolik yangsering terjadi pada kura-kura. Oleh karena itu cumi-cumi atau sotong dapat menjadi pilihan. 

Pada alam aslinya, kura-kura sebenarnya sering memakan cangkang keong, cumi-cumi, dan banyak jenis lainnya.

Apabila untuk kebutuhan peliharaan, kamu bisa memilih dan membeli kebutuhan tersebut pada beberapa toko hewan. Dengan begitu kura-kura peliharaan Anda tetap sehat dan selalu cantik untuk dipandang. 

5. Pelet

Kura-kuraambon memang terkenal pemakan segalanya atau hewan omnivora. Ia bisa mengkonsumsi sayuran ataupun hewan lainnya seperti udang dan cumi-cumi.

Nah jika kamu agak sulit untuk mencari bahan-bahan yang sudah disebutkan di bagian atas, kamu bisa mencari pelet yang dikhususkan untuk kura-kura.

Biasanya kura-kura yang masih kecil akan mengkonsumsi pelet supaya nutrisinya tetap terjaga. Selain itu juga pelet dengan ukuran kecil akan memudahkan anakan dari kura-kura ambon menyantap makanannyaketimbang makanan lainnya.

Sobat pintar, itulah penjelasan lengkap mengenai makanan kura-kura ambon yang dapat dipilih dan diberikan untuk hewan peliharaan kesayangan.

Demikianlah informasi dan penjelasan lengkapnya, semoga dapat bermanfaat. Jika ingin melihat informasi tentang reptil lainnya, kamu bisa cek di sini ya!

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Daftar Makanan Kura-Kura Ambon yang Sehat dan Bergizi"

RajaBackLink.com