Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hewan Penghuni Palung Mariana

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 10 Hewan Penghuni Palung Mariana.
10 hewan yang tinggal di palung mariana
Gambar pexels.com

Seperti yang kita tau, palung mariana merupakan tempat paling dalam di bumi, kedalaman palung ini hampir mencapai 11.000 meter. Titik terdalam nya terletak di challenger deep, di sebelah barat daya guam, pulau di samudra pasifik.

Jika dibandingkan dengan gunung everest, tentu saja palung mariana masih lebih dalam dari pada gunung tersebut, yang hanya memiliki ketinggian sekitar 8.800 meter saja. di kedalaman palung tersebut, palung mariana seperti menyimpan begitu banyak misteri, Dan membuat diri saya semakin bertanya Tanya. 

Adakah sekolompok hewan, Yang mampu hidup di dalam palung mariana ?  Jika pun ada. Hewan seperti apa yang bisa bertahan hidup di palung mariana ?

dari pada kalian makin penasaran, berikut adalah beberapa hewan yang mampu hidup di kedalaman palung Mariana.

Berikut Hewan-Hewan Penghuni Palung Mariana

1. Hiu Berjumbai

Gambar dari howstuffworks

Hiu berjumbai merpakan salah satu dari penghuni laut dalam. Ikan ini memiliki bentuk tubuh unik dan berbeda dari kebanyakan hiu lainya. Memliliki bentuk tubuh yang memanjang dengan mulut yang lebar, membuat hiu ini tampak Kuno dan Primitif.

Tak heran Jika para arkeolog dan ahli biologi kelautan menganggap hiu berjumbai sebagai fosil hidup. Hiu ini biasanya hidup di kedalaman 1524 meter dari permukaan air laut! Namun sering juga di jumpai pada kedalaman 230 meter dari permukaan air laut!

Di habitatnya ikan hiu ini biasa memangsa cumi – cumi atau ikan kecil yang ada di dasar laut. Cara ikan ini berburu pun sangat unik. Ia akan bersandar di dasar laut dan menunggu mangsanya mendekat sebelum ia menyerang.

2. Hiu Goblin

Gambar dari howstuffworks

Tidak seperti hiu berjumbai. Hiu goblin merupakan penghuni laut dalam yang misterius. Selain misterius, Ikan ini juga memiliki bentuk tubuh yang cukup menyeramkan. Bentuk tubuh ikan ini berwarna merah muda dengan bentuk moncong yang panjang dan di sertai gigi yang tajam.

Moncong panjang pada hiu goblin berfungsi sebagai sensorik untuk mendeteksi mangsanya. Hiu ini dapat di jumpai di kedalaman 100 meter dari permukaan air laut! dan sering berada di lereng lereng atas benua serta lembah bawah laut. Di habitatnya Hiu goblin suka memburu ikan, cumi – ciumi, dan krustasea.

3. Deep Sea Dragon Fish

Gambar dari howstuffworks

Deep-Sea Dragon Fish merupakan ikan predator yang hidup di laut dalam. Kedalaman laut yang menjadi habitat Ikan ini berada dianatar 457 hingga 1.371 meter pada permukaan air laut. Ikan deep sea dragon fish memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan kepala yang besar. Di bagian kepala tersebut, di penuhi oleh puluhan gigi transparan yang sangat tajam bahkan ketajaman gigi ikan ini melebihi ketajaman gigi ikan piranha.

Selain memiliki gigi yang tajam, ikan ini memiliki bentuk yang menyeramkan dan jika di perhatikan bentuk wajah ikan ini sekilas mirip dengan karakter venom yang ada di film marvel. Di habitatnya ikan ini bisa tumbuh hingga 15 sentimeter saja, cara mereka berburu pun cukup unik, ikan ini akan menghasilakan cahaya melalui organ yang bernama photophores untuk menarik mangsanya.

Jika ada mangsa yang tertarik dan mendekat kepada cahaya yang di hasilkan ikan deep sea dragon fish, ia akan tersangkut oleh gigi tajam transparan yang di miliki oleh ikan deep sea dragon fish. Bahkan, salah seorang peneliti dari University of California menjelaskan bahwa gigi transparan ikan dragonfish tersebut menjadi bukti adaptasi luar biasa dan menjadi kamuflase sempurna bagi hewan penghuni laut dalam.

4. Fangtooth fish

Gambar dari pinterest

Ikan gigi taring atau yang biasa di sebut fangtooth fish merupakan ikan predator yang hidup di kedalaman 487 meter sampai 1980 meter di dari permukaaan air laut. Ikan yang bernama ilmiah Anoplogaster ini biasanya hidup di iklim sedang dan tropis di samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia, Terkadang ikan ini di temukan di lepas pantai Australia dan Kepulauan Inggris.

Ikan fangtooth memiliki bentuk tubuh yang kecil dan mempunyai kepala besar yang di lengkapi oleh gigi taring yang sangat tajam. Di habitatnya ikan fangtooth biasa memangsa ikan kecil, udang, dan cumi-cumi terkadang mereka sangat kesulitan saat berburu mangsanya. Hal ini di karenakan ikan fangtoot kesulitan untuk dalam melihat mangsanya di laut dalam. 

Maka dari itu mereka mempunyai cara yang unik ketika berburu di laut dalam. Ikan fangtooth akan menggunakan jejak kimia di dalam air untuk melacak makanannya yang disebut Chemoreception. Adaptasi ini memungkinkan ikan fangtooth menyerang mangsa apa pun yang mereka temukan di laut dalam meskipun ukuran mangsanya jauh lebih besar dari mereka.

5. Anglerfish

Gambar dari howstuffworks

Anglerfish merupakan ikan predator yang hidup di lautan dalam dengan kedalaman 1000 meter dari permukaan laut. Ikan ini hidup di seluruh samudera di dunia. Ciri khas yang menonjol pada ikan ini ialah adanya antena di atas mulut yang berfungsi menarik perhatian mangsanya. 

Antena ini memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang pendek dan ada yang panjang. Selain itu ikan angler ini memiliki bentuk tubuh yang beragam karena mereka terdiri dari banyak spesies. Yang paling umum, memiliki bentuk bulat seperti bola basket dengan mulut yang sangat besar. 

Di habitatnya ikan angler ini akan memburu mangsanya dengan cara yang unik. Ia akan menggunakan antenenya yang dapat mengeluarkan cahaya untuk memancing mangsanya mendekat kepada mereka. Ketika ada target buruan yang mendekati mereka dengan sekejap ikan ini akan menangkap dan melahapnya.

6. Deep Sea Hatchetfish

Gambar dari howstuffworks

Hatchetfish merupakan ikan penghuni laut dalam yang memiliki bentuk muka yang aneh dan menyermakan. Makanya orang – orang menyebut ikan ini sebagi ikan hantu penghuni laut dalam. Ia dijuluki ikan hantu karena punya mata yang besar dan bentuk tubuh yang tipis. Mulutnya yang terbuka, membuat ikan ini semakin menyeramkan. 

Ikan hantu hidup di kedalaman laut yang gelap di samudra pasifik dan samudra atlantik. Kita baru dapat menjumpai ikan ini pada kedalaman 180 meter hingga 1370 meter dari permukaan air laut.

Sama hal nya seperti Anglerfish, ikan hantu juga dapat mengeluarkan cahaya dari tubuhnya. Alih alih digunakan untuk berburu mangsa, ikan hantu ini justru menggunakan cahaya pada tubuh nya untuk menghindari dari serangan predator.

7. Barreleye Fish

Gambar dari howstuffworks

Barreleye adalah ikan air laut dalam yang bisa ditemukan pada kedalaman 600 hingga 800 meter dari permukaan air laut. Ikan ini dapat di temukan pada tiga samudra utama di dunia, yaitu Samudera Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudera Hindia. 

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan kepalanya berbentuk kubah dengan warna transparan. Di bagian transparan tersebut, terdapat sepasang mata yang berbentuk barrel, sebagian orang Indonesia menyebutnya dengan nama gentong.

Mata gentong tersebut selalu menghadap ke atas dan bisa juga bergerak ke bawah serta melihat ke depan, akan tetapi ikan ini tidak bisa melihat ke bagian samping baik kanan maupun kiri. Di habitanya ikan ini termasuk hewan yang suka menyendiri mereka hanya akan bertemu dengan jenis mereka yang lain pada musim kawin saja. 

Cara ikan ini berburu mangsanya cukup unik, mereka akan berdiam diri dengan kedua mata menghadap ke atas menunggu mansanya lewat. 

8. Ubur - Ubur Benthocodon

Gambar dari howstuffworks

Ubur-ubur adalah makhluk laut yang cukup umum, Terkadang mereka sering terdampar di pantai dan tersangkut di jaring nelayan.  Akan tetapi jenis ubur ubur yang satu ini cukup berbeda dari yang lainya. Ia adalah Benthocodon, jenis ubur ubur yang menghuni laut dalam.

Ubur ubur ini hidup di kedalaman 760 meter dari permukaan laut dan sering kali mereka di temukan di dasar laut. Benthocodon memiliki bentuk tubuh yang unik, tubuhnya menyerupai lonceng dan di lengkapi dengan 1500 tentakel kecil berwarna merah.

Di habitatnya benthocodon akan memangsan krutasea kecil, foraminifera, dan organisme uniseluler.

9. Dumbo Octopus

Gambar dari howstuffworks

Gurita Dumbo, atau yang juga umum dikenal dengan sebutan Dumbo Octopus merupakan hewan yang berukuran kecil penghuni laut dalam. Gurita Dumbo tersebar di berbagai belahan dunia dan hidup di kedalaman jurang dalam laut yang berkisar antara 1.000 meter hingga 7.000 meter dari permukaan air laut.

Penamaan dumbo sendiri berasal dari kemiripannya dengan karakter gajah yang ada di film Disney yang bernama dumbo. Gurita jenis ini memiliki bentuk tubuh yang cenderung lembek dan halus yang memungkinkan hewan ini bergerak bebas di tengah tekanan air yang besar serta suhu air yang rendah.

Di habitatnya Gurita Dumno memakan hewan-hewan yang lebih kecil yang berada di dasar laut, seperti cacing, kerang, krustasea, dan semacamnya.  Karena gurita jenis ini hidup di laut dalam, mereka jarang menjumpai predator dan mangsa karena hewan-hewan jenis lain umumnya tidak hidup di air yang begitu dalam. 

10. Telescope Octopus

Gambar dari howstuffworks

Sama hal nya dengan gurita dumbo, Gurita teleskop merupakan salah satu hewan penghuni laut dalam yang hidup di kedalaman 152 meter sampai 2000 meter dari permukaan air laut. Gurita ini memiliki bentuk tubuh yang transparan, satu satunya bagian tubuh yang terlihat dari gurita ini ialah matanya yang berbentuk seperti teleskop.

Berbeda dari kebanyakan jenis gurita yang ada di lautan, Gurita Teleskop memiliki cara yang unik untuk menghindari predator. Mereka akan berenang secara vertical dari atas ke bawah atau sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk mengelabui predator yang akan memangsanya.

Nah Itulah sepuluh hewan yang mendiami palung mariana. Jangan lupa untuk menshare video ini keteman teman kalian ya.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "10 Hewan Penghuni Palung Mariana"

RajaBackLink.com