Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Burung Merpati Tinggian yang Bagus dan Berkualitas

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Ciri Burung Merpati Tinggian yang Bagus dan Berkualitas.

Meski suara merpati hanya monoton, ternyata merpati juga bisa bersaing. Biasanya merpati balap yang paling populer adalah merpati balap dan merpati loteng.

Jadi, yang dilihat bukanlah suaranya melainkan kemampuan burung merpati untuk terbang tinggi dan cepat menuju garis finish atau titik pendaratan.

Jadi apakah merpati yang digunakan pada balap merpati dan balap merpati tingkat lanjut berbeda?

Perbedaan Merpati Balap dan Merpati Tinggian

Nah, untuk yang satu ini sepertinya sama saja, hanya latihan terbangnya saja yang mungkin berbeda. Pasalnya, Merpati Balap dilatih dengan target jarak dekat.

Sedangkan Merpati Tinggian dilatih untuk turun dari ketinggian penerbangan menuju lokasi pendaratan.

Perhatikan bahwa balapan merpati biasanya dimulai dan diakhiri pada jarak antara 500 dan 1200 meter. Posisi di mana Anda terbang dalam garis lurus tanpa rintangan, seperti di ladang atau sawah.

Berbeda dengan Higher Pigeon yang pertama-tama harus terbang tinggi, lalu turun dengan cepat dan mendarat di sasaran. Ya, turunnya Merpati Tinggian tidak asal-asalan, tapi sudah ditentukan titik pendaratannya.

Ciri-ciri burung merpati yang berkualitas akan kita bahas nanti. Namun sebelum kami menampilkan beberapa jenis merpati tinggian, ada beberapa standar lomba yang harus diikuti seperti merpati kolong, merpati tomprang,merpati kentong. 

Agar lebih jelas, kami akan menjelaskan pengertian dari lomba-lomba Merpati Tinggian satu per satu.

Merpati Kolong

Ada dua lomba merpati kolong meja, yaitu merpati kolong meja dan merpati kolong bebas. Mungkin anda bingung kenapa dinamakan Merpati Kolong.

Merpati Kolong artinya burung harus terbang 1-2 km, kemudian turun atau mendarat melalui lubang berbentuk kotak, lalu hinggap di atas meja.

Jika hinggap di atas meja, berarti disebut merpati di bawah meja. Kalau tidak ada meja, namanya Merpati Kolong Merdeka.

Dalam kompetisi ini kecepatan terbang merpati tidak diperhitungkan, yang terpenting merpati terbang melalui lubang berbentuk kubus lebih cepat dari yang lain, atau cukup melewati lubang persegi.

Merpati Tomprang

Tingkat kesulitan lomba Tomprang Merpati lebih menantang karena jaraknya bervariasi dari 4km hingga 6km. Sedangkan aturan pendaratan berbeda-beda tergantung dari kecepatan para kontestan. Biasanya dihitung sudut turun atau menyelam menurut arah jam 9, 10, 11 dan 12 sampai menyentuh tanah.

Merpati Kentong

Balapan Merpati Kentong tampaknya menjadi yang paling sulit dibandingkan dengan dua kategori balap merpati lainnya.

Pasalnya, High Dove harus terbang lebih dari 6 km. Aturan kompetisi ini bergantung pada pesertanya, namun biasanya pemenangnya dianggap yang pertama kali mencapai kandang.

Ada beberapa macam dan tipe lomba High Pigeon. Tentunya ini harus menggunakan burung merpati pilihan yang berkualitas super, terutama dari segi stamina dan tingkat kecerdasan.

Stamina seekor merpati sangat dibutuhkan untuk terbang begitu cepat dalam jarak yang jauh. Sementara kecerdasan menentukan atau mengetahui titik pendaratan dan titik akhir yang benar.

Apa ciri-ciri Merpati High Quality yang dianggap berkualitas baik dan unik? Untuk diyakinkan akan hal ini, cukup mengenalinya dari struktur atau bagian tubuhnya.

Anda dapat memilih merpati berkualitas baik dari kepala, mata, paruh, hidung, leher, sayap, dada, tulang dada, cakar udang, brutu, ekor dan kaki.

Berikut Ciri Burung Merpati Tinggian yang Berkualitas

1. Kepala Merpati Tinggian

Untuk mendapatkan burung Merpati Tinggian yang bagus, maka bentuk kepalanya harus besar dengan batok kepala bagian depan lebih tinggi dari belakang atau nonong.

Kalau bisa, bagian pangkal hidung sampai atas batok kepala mempunyai sudut kemiringan sebesar 45 derajat sampai 60 derajat. Jangan memilih sudut kemiringan 90 derajat karena burung Merpati seperti ini hanya pandai turun dari arah jam 12 saja.

2. Paruh Merpati Tinggian

Paruh burung merpati Tinggan yang bagus ujungnya runcing. Selain itu, bentuk paruhnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang.

Yang terpenting, pilihlah merpati yang jarak ujung hidung ke paruhnya lebih kecil dari jarak ujung hidung ke depan tengkorak.

3. Mata Merpati Tinggian

Mata Merpati Tinggian memiliki pupil hitam pekat. Selain itu, merpati ini harus bisa beradaptasi dengan cahaya. Jika ada cahaya terang, pupilnya berkontraksi dan sebaliknya.

Tidak hanya itu, kacamata atau cincin bundar di sekitar mata juga penting. Merpati yang sering menang pasti memiliki kacamata yang menempel di bola matanya dan biasanya berwarna hijau.

Sedangkan untuk warna mata, pilihlah mata yang memiliki kombinasi warna kuning tua dan kuning muda, merah tua dan hijau tua, serta merah muda dan putih. 

Kombinasi warna mata ini mungkin terlihat di tempat teduh, jika berada di tempat yang terang mungkin tidak terlihat.

4. Hidung Merpati Tinggian

Dalam memilih bagian hidung Merpati Tinggian, yang terpenting hidungnya jangan berbentuk kecil dan pangkal hidungnya berbentuk lurus.

Sebab,burung Merpati Tinggian dengan bentuk hidung seperti ini sering terbang jauh tapi lama kembali dan bahkan kadang hilang.

Baca juga: Bea Cukai Tangkap Burung Merpati dengan Tas Kecil Berisi 178 Obat Terlarang

5. Leher MerpatiTinggian

Bagian leher burung Merpati Tinggian sebisa mungkin jangan terlalu panjang, tapi harus kuat, tegak, dan kencang.

Meski begitu, jika burung tidak sedang mendongak ke atas, maka leher harus bisa mengendur atau menekuk kembali seperti semula. Kemudian, bagian leher harus sedikit lebih pendek dari tulang dada.

6. Ciri Sayap Merpati Tinggian

Sayap Merpati yang bagus biasanya kuat tapi lentur dan tidak kaku. Bulu sayap lebar, tapi antara jarak bulu satu dengan bulu lainnya harus rapat, serta ujung bulu harus berbentuk runcing.

Untuk tulang bulu sayapberukuran besar dan kuat, tapi lentur pada bagian ujung bulunya.

7. Dada dan tulang dada Merpati Tinggian

Jika dilihat dari depan, dada merpati yang baik berbentuk V. Burung yang memiliki dada berbentuk V dapat turun dengan cepat dari segala arah. 

Jangan memilih dada berbentuk O atau elips, karena saat burung turun agak miring, ia cenderung melambat.

Untuk tulang dada hampir sama yaitu berbentuk tik atau V. Dengan bentuk tulang dada ini maka saat burung turun dari ketinggian maka badan burung tidak akan goyang atau bergetar.

8. Supit udang Merpati Tinggian

Udang supit biasa dikenal dengan nama supit urang, udang sapit, pubis, dll. Bentuk Perajang Udang di Tinggian Merpati sangat penting karena besar kecilnya jarak akan mempengaruhi turunnya dari ketinggian.

Jika supit udang kencang, maka burung dara atau merpati akan berputar perlahan. Sedangkan jarak antar sumpit udang adalah 0,5-1 cm, dan umumnya akan goyang atau goyang saat diturunkan.

Bentuk terbaik supit udang dengan jarak lebih dari 1 cm. Biasanya sop udang bentuknya seperti ini, dan tidak goyang saat diletakkan.

9. Pinggang atau brutu Merpati Tinggian

Bentuk pinggang sebisa mungkin dekat atau rapat dengan tubuh Merpati Tinggian. Kalau jaraknya renggang atau cukup jauh, maka burungMerpati akan mengalami masalah saat turun dari langit.

Biasanya kecepatan burung menjadi lambat, tidak seimbang, burung akan berbelok tiba-tiba, dan sulit mengerem saat mendarat yang berakibat pada kecelakaan.

10. Ekor Merpati Tinggian

Bulu ekor Merpati Tinggian harus rapat, tebal, dan panjang. Saat dipegang, bulu ekor terasa menyatu. Halini menandakan pula bahwa pinggang atau brutu berukuran kecil. Bentuk seperti ini bagus karena saat burung Merpati turun tidak akan goyang-goyang.

11. Kaki Merpati Tinggian

Bentuk kaki Merpati Tinggian yang berkualitas idealnya panjang, merit, dan mbesisik. Kalau sedang dipegang, posisi kaki mengarah ke belakang menyesuaikan ekor.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri burung merpati yang berkualitas baik. Mungkin Anda berpikir sulit untuk memilih merpati yang baik, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda dapat mengetahui burung merpati yang baik secara sekilas.

Untuk mendapatkan merpati yang berkualitas juga harus melihat genetika atau breeder, serta pakan dan perawatannya. Oleh karena itu, sebaik apapun tubuh, hanya saja pemberian makan dan perawatannya kurang maksimal.

Oleh karena itu, perlu dipilih merpati yang sempurna dari aspek fisik, keturunan, perawatan, pakan, dll.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Ciri Burung Merpati Tinggian yang Bagus dan Berkualitas"

RajaBackLink.com