Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Umpan Terbaik Untuk Memancing Ikan Nila

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 7 Umpan Terbaik Untuk Memancing Ikan Nila.
umpan jitu untuk memancing ikan nila
Pic pinterest.com

Mengetahui umpan ikan nila yang tepat sangat penting bagi para ngalongpedia yang hobi mancing atau sekedar ingin belajar mancing. 

Nila sendiri merupakan ikan air tawar yang terkenal di kalangan pemancing, dan tidak sulit dalam hal umpan.

Selain itu, ikan nila dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat seperti rawa, waduk, sungai, dll. 

Untuk membantu Grameds menentukan umpan yang tepat untuk ikan nila, ikan yang relatif rakus dan mudah dibudidayakan.

Berikut beberapa saran jenis umpan yang tepat untuk ikan nila di setiap lokasi dan karakteristik perairan yang tersedia.

Rekomendasi Umpan Ikan Nila Terbaik Paling Jitu

1. Lumut 

Umpan ikan nila yang direkomendasikan pertama kali adalah umpan lumut, para pemancing ikan nila di Indonesia biasanya menggunakan umpan lumut.

Hal ini dikarenakan umpan lumut sendiri merupakan umpan yang mudah ditemukan dan merupakan salah satu umpan yang paling ampuh untuk mancing ikan nila.

Namun, hanya beberapa spesies lumut yang bisa dijadikan umpan bagi ikan nila liar. Pada umumnya anda dapat menemukan jenis lumut yang dapat digunakan sendiri pada bebatuan di dekat sungai, sawah, atau parit. 

Lumut yang dapat digunakan sendiri umumnya memiliki warna hijau cerah dan tekstur yang lembut sehingga dapat membuat ikan nila liar menjadi lebih menarik bagi ikan nila yang ingin ditangkap.

2. Usus ayam

Rekomendasi umpan ikan nila yang kedua adalah umpan sosis ayam yang juga populer dengan ikan nila. 

Umpan usus ayam jenis ini sendiri umumnya bisa digunakan untuk menangkap ikan nila di sungai.

Namun untuk menggunakan usus ayam sebagai umpan, usus ayam harus dicuci bersih dan direbus terlebih dahulu. 

Kemudian, simpan usus ayam rebus tersebut dalam wadah kedap udara selama dua hari agar proses pembusukan dapat berlangsung. Setelah itu, usus ayamnya bisa dijadikan umpan untuk mancing ikan nila.

3. Pelet

Rekomendasi umpan ikan nila yang ketiga adalah umpan pelet yang juga banyak digunakan oleh para pemancing untuk menangkap ikan nila di daerah sungai, kolam ikan dan danau.

Umpan pelet sendiri merupakan produk olahan, jadi ikan nila sendiri belum terbiasa memakan umpan ini. Namun, umpan pelet bisa menjadi salah satu jenis umpan yang paling efektif dan ampuh untuk menangkap ikan nila.

Untuk penggunaan umpan pelet ini sendiri hampir sama dengan berbagai umpan lainnya yaitu perlu diolah terlebih dahulu dan ditambahkan bahan campuran lain untuk menarik perhatian ikan nila yang ada.

Pada umumnya umpan pelet yang digunakan untuk mancing ikan nila dapat diolah dengan menambahkan air panas atau vanila sehingga memperbesar peluang keberhasilan dalam menangkap ikan nila.

4. Mie Instan

Rekomendasi umpan ikan nila yang keempat adalah umpan instan dengan mie. Menggunakan mie instan saja sebagai umpan terlihat aneh dan unik, namun ternyata umpan mie instan saja sudah sangat efektif untuk menangkap ikan nila.

Selain itu anda juga bisa membuat umpan mie instan sendiri sebagai alternatif saat anda kehabisan umpan utama ikan nila saat memancing. 

Untuk menggunakan umpan ini sendiri anda bisa mencampurnya dengan kuning telur ayam yang dapat menambah cita rasa umpan agar ikan nila lebih tertarik.

Anda juga bisa mencampurkan umpan mie instan ini dengan air hangat, hal ini akan memberikan tekstur mie instan yang lebih halus sehingga mudah menempel pada kail pancing Anda.

5. Rumput

Umpan rumput adalah umpan yang direkomendasikan kelima untuk ikan nila, dan sangat disarankan untuk menangkap ikan nila babon. 

Umpan rumput sendiri tidak banyak dikenal bahkan di kalangan pemancing karena penggunaan bahan yang unik ini.

Namun umpan rumput bisa sangat efektif untuk ikan nila besar, seperti ikan nila babon ini yang sangat menyukai umpan rumput ini. 

Namun rerumputan yang bisa dijadikan umpan sendiri juga terbatas, dan umumnya bisa ditemukan di tepi sungai. Ada dua jenis rumput yang bisa digunakan sendiri, satu rumput cologne dan satu lagi rumput penggelapan.

6. Cacing

Rekomendasi umpan ikan nila yang keenam adalah umpan cacing yang juga merupakan umpan yang sering digunakan para pemancing saat memancing ikan nila dan berbagai jenis ikan lainnya.

Umpan cacing sendiri dapat dijadikan sebagai alternatif bagi para pemancing yang tidak ingin membuat umpan sendiri, karena umpan ini dapat dengan mudah dibeli atau ditemukan di daerah dekat daerah pemancingan.

Cacing sendiri merupakan umpan yang baik untuk ikan nila karena merupakan hewan omnivora dan dapat memakan segala jenis umpan, dan ikan nila yang hidup di alam liar biasanya memakan umpan cacing ini.

7. Kroto

Rekomendasi umpan ikan nila yang ketujuh adalah umpan kroto atau disebut telur semut. Umpan kroto atau telur semut sendiri merupakan salah satu pakan alami ikan nila liar dan juga menjadi umpan bagi lumut dan cacing.

Untuk membeli umpan ini sendiri, Anda bisa membelinya dari penjual pakan burung, biasanya dengan harga Rp 10.000 per ons.

Atau, jika memang ingin mencarinya sendiri, umpan kroto ini bisa Anda temukan di dekat pohon. Umpan kroto atau telur semut juga ampuh untuk menangkap ikan nila karena mudah terlihat.

Penutup

Ternyata memancing tidak hanya membutuhkan umpan yang bagus, tapi juga teknik yang bagus. Pelajari semua yang perlu diketahui tentang memancing dengan buku Macing Asyik, Cara Efektif Menaklukan Ikan di Laut dan Air Tawar.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "7 Umpan Terbaik Untuk Memancing Ikan Nila"

RajaBackLink.com