Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Makanan Burung Hantu Yang Wajib Anda Tahu!!!

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 10 Jenis Makanan Burung Hantu Yang Wajib Anda Tahu!!!.

Hal terpenting dalam pemeliharaan burung hantu adalah asupan nutrisinya. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan burung yang sehat dan aktif, Anda harus mempertimbangkan makanan burung hantu Anda dengan serius.

Tidak seperti jenis unggas lainnya, burung hantu biasanya adalah burung liar. Jadi makanan yang diberikan harus berupa hewan hidup atau hewan di alam.

makanan burung hantu

Burung hantu termasuk hewan nokturnal atau hewan nokturnal. Hewan ini suka mencari makan pada malam hari saat hewan lain sedang tidur atau istirahat.

Apakah ini berarti burung hantu harus makan di malam hari? Ini lebih baik, tetapi Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan aktivitas harian Anda di rumah.

Burung hantu bisa diberi makan tiga kali sehari. Penting untuk tidak memberinya makan hanya pada malam hari, sayangnya dia akan mati kelaparan nanti.

Jangan sampai lupa beri burung hantu minum untuk mempercepat makannya. Dengan cara ini burung hantu tidak mati lemas, karena biasanya tulang hewan yang dimakannya tetap tersangkut di saluran pencernaan.

Jenis Makanan Burung Hantu

1. Ayam

Apakah burung hantu memakan ayam hidup? Mungkin di alam liar, burung hantu bisa memakan ayam berukuran kecil hingga sedang.

Meski begitu, pada manusia, hal ini jarang terjadi karena ayam diberikan dalam potongan kecil.

Tujuannya untuk memudahkan burung hantu mencerna makanan. Dengan cara ini burung bisa memakannya tanpa repot mencari semuanya.

Namun, kelemahan dari perilaku ini adalah burung kehilangan naluri berburu. Padahal, burung hantu seharusnya memiliki naluri berburu yang tinggi.

Dia bisa terbang diam-diam tanpa mengeluarkan suara apapun untuk menyergap mangsanya. Kemampuan terbang diam-diam ini telah dipelajari oleh para ilmuwan, dan memang tidak ada suara sama sekali.

Burung hantu mampu melakukan hal tersebut karena keunikan sayapnya. Dengan cara ini, tidak peduli seberapa cepat ia terbang, mangsanya tidak dapat mendengarnya.

2. Burung Kecil

Ternyata burung hantu juga suka memakan kerabatnya, artinya mereka juga memakan burung. Namun burung yang dimaksud adalah burung-burung kecil seperti burung pipit rumah, burung pipit, burung pipit, dll.

Untuk melatih burung hantu menjadi liar, ikat kaki burung pipit. Lalu biarkan burung hantu menyergap dirinya sendiri.

Terkadang burung hantu memang perlu dilatih untuk mendapatkan makanan sendiri tanpa diberi makan. Saya khawatir keterampilan berburunya hilang dan rusak.

3. Burung Puyuh

Anda juga bisa memberikan burung puyuh sebagai hidangan pembuka. Burung hantu menyukai burung yang hidup di sawah atau di alam liar.

Puyuh bisa diberi makan seminggu sekali untuk membuat burung hantu senang. Dalam hal ini, burung hantu dapat diberikan hidup atau mati.

Jika ingin menyajikan daging burung puyuh sebaiknya disajikan dalam keadaan segar yang masih terlihat darahnya.

4. Daging Sapi

Pada saat awal bulan setelah gajian, Anda bisa membelikan burung hantu beberapa gram daging sapi segar. Meskipun harga daging sapi mahal, tidak masalah untuk memberikannya kepada Burung Hantu kesayangan Anda.

Tentu saja, nilai gizi daging sapi lebih baik dibandingkan daging lainnya. Jadi menyisihkan uang sebulan sekali untuk membeli daging sapi tidak menjadi masalah.

5. Jangkrik

Burung penyanyi umumnya memakan jangkrik. Namun, apakah burung hantu juga penuh dengan jangkrik? Secara teoritis, jangkrik hanyalah suguhan bagi burung hantu.

Burung hantu adalah burung besar. Oleh karena itu, jika hanya diberikan jangkrik, rasanya masih kurang.

Namun, ada satu spesies burung hantu yang sangat menyukai jangkrik, yaitu burung hantu bay. Burung ini suka makan jangkrik, karena di alam dia juga suka makan hewan ini.

6. Lele

Ikan lele juga masuk dalam daftar makanan favorit burung hantu. Nyatanya, burung hantu tidak memangsa ikan lele di alam liar. Namun, karena dia hidup di lingkungan manusia, dia harus menyesuaikan diri suka atau tidak suka.

Mungkin, pemiliknya tidak punya uang lebih untuk membeli ayam. Maka ia mencari solusi yang lebih murah, mengganti daging lele dengan daging ayam.

Ikan lele tidak mahal dan ternyata kaya nutrisi. Tak heran, burung hantu terkadang masih memakan ikan lele segar lama setelah mereka tua.

7. Serangga

Jika masih terdengar suara serangga yang keras di daerah anda, bersyukurlah, berarti daerah anda masih asri. Anda juga dapat dengan mudah menemukan makanan untuk burung hantu.

Karena burung hantu juga menyukai serangga atau kumbang yang ada di pohon. Makanan ini sering dijadikan sebagai selingan. Namun, ada satu spesies burung hantu yang setiap saat memakan serangga ini, burung hantu kuning kecoklatan.

8. Tikus

Tidak diragukan lagi bahwa pemilik burung hantu ini pasti memberi makan tikus. Karena makanan kesukaan burung hantu adalah tikus.

Tikus yang biasa dimakan mulai dari tikus putih kecil, tikus muda, hingga tikus yang masih berwarna merah tetapi tidak berbulu. Sebaiknya jangan memberi makan tikus karena kotor dan vektor kuman.

Anakan tikus sering dijual bebas di pasar hewan atau burung. Anda dapat membeli biji-bijian utuh atau sesuai keinginan.

9. Tikus Putih

Kami menyebutkan bahwa tikus adalah makanan utama burung hantu. Ya, benar, baik burung hantu muda maupun burung hantu dewasa menyukai marmot.

Burung hantu kayu berbintik paling menyukai tikus. Hal ini terkonfirmasi ketika para ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan sisa-sisa tikus putih di sarang burung hantu.

10. Ulat Hongkong

Ulat Hong Kong adalah salah satu keluarga ulat terbesar. Mengirim ulat hongkong bisa jadi selingan karena panas.

Nah, karena burung hantu cukup besar, berikan segenggam ulat Hong Kong. Jangan lupa siapkan minuman agar pencernaan burung hantu lancar.

Cara Pemberian Pakan Burung Hantu Anakan dan Dewasa

Burung Hantu Anakan (Baby Owl)

Jika masih anak anakan (Baby), burung hantu bisa diberi makan dengan tangan terlebih dahulu. Makanan dipotong kecil-kecil, tetapi harus segar dan ada bekas darah.

Jika daging disimpan di lemari es, maka burung hantu tentu tidak menyukainya, karena bukan makanan segar. Lebih baik menyajikan makanan yang baru dikocok agar tetap segar.

Burung Hantu Dewasa

Untuk burung hantu yang lebih tua, beri makan hewan utuh atau hidup. Misalnya, Anda ingin memberi makan tikus putih. Artinya burung hantu ditempatkan di tempat yang agak tinggi.

Posisi penting korban terlihat. Lalu lepaskan tali di kakinya. Burung hantu akan segera terbang untuk mengejutkan korbannya.

Jika burung hantu dipelihara terlalu lama, kemampuan berburunya cenderung menurun. Jadi tikus harus mengikat kakinya agar tidak kabur.

Penutup

Nah itulah beberapa makanan burung hantu anakan (baby) dan burung hantu dewasa terbaik versi ngalongpedia.com. 

Sesuaikan ukuran makanan dengan ukuran tubuh burung hantu ya teman teman. Jangan sampe memberi makanan yang besar kepada bayi burung hantu harus sesuai porsi ya.

Berikan makanan kecil kepada anakan burung hantu kalian dan berikan makanan yang besar kepada burung hantu dewasa.

Cara memberi makan burung tergantung keinginan pemiliknya. Namun, akan lebih baik jika burung hantu diberi makan seperti di alam liar.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "10 Jenis Makanan Burung Hantu Yang Wajib Anda Tahu!!!"

RajaBackLink.com