Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Menarik Burung Merpati

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 10 Fakta Menarik Burung Merpati.

Apa yang menarik dari merpati? Untuk suara sih biasa aja. Konon burung yang dijinakkan juga tidak terlalu bagus. Oh, ternyata keunggulan merpati adalah kecepatan dan kemampuan mengingatnya.

Merpati dapat mengingat lokasi untuk mengirim surat atau pesan. Pantas saja dulu ada yang namanya Merpati Pos. Burung ini digunakan sebagai layanan pengiriman pesan di masa perang.

Tidak ada yang tahu bahwa burung yang tampak biasa ini sebenarnya mengirimkan pesan rahasia. Biasanya pesan disembunyikan di kaki atau di bawah sayap.

fakta merpati

Apalagi merpati pos bisa terbang sangat cepat dan sangat tinggi. Keunggulannya adalah sering dijadikan ajang perlombaan yang disebut dengan lomba merpati pos.

Apakah ini semua kelebihan merpati? Ternyata tidak, masih banyak kemampuan merpati lainnya yang mungkin belum pernah Anda ketahui.

1. Kecepatan Merpati Terbang

Merpati bisa terbang dengan kecepatan rata-rata 77,6 km/jam hingga 92,5 km/jam.

2. Jarak Terbang

Merpati bisa terbang 600-700 mil sehari, dengan waktu terbang terlama mencapai 55 hari. Jarak ini dapat ditempuh dari Afrika – Inggris yaitu sekitar 7000 km.

3. Deteksi Medan Magnet Bumi

Merpati dapat menentukan arah dengan mendeteksi medan magnet Bumi atau dengan menggunakan matahari sebagai panduan. Padahal, Merpati bisa menggunakan gelombang seismik frekuensi rendah untuk mencari jalan pulang.

4. Minum yang Unik

Tahukah anda bahwa ada keunikan pada paruh burung merpati. Burung ini bisa minum dengan cara menghisap air dengan paruhnya.

Paruhnya berfungsi sebagai sedotan. Sehingga air bisa disedot seperti orang minum. Berbeda dengan burung lain yang harus mengangkat kepala terlebih dahulu saat minum.

5. Pandangan yang Baik

Mata merpati dapat melihat dan membedakan warna yang berbeda. Tidak hanya itu, merpati juga dapat melihat sinar ultraviolet secara langsung. Ini adalah spektrum yang sulit dilihat oleh manusia.

6. Tes Cermin

Merpati telah lulus uji cermin dan dapat mengenali bayangannya sendiri di cermin. Jadi dia tidak menganggap bayangannya hanya sebagai burung biasa. Hanya ada 16 jenis hewan non-mamalia di dunia ini yang memiliki kemampuan tersebut.

7. Burung Pintar

Merpati dikenal sebagai burung yang cerdas. Burung ini dapat mengenali semua huruf atau abjad. Selain itu, ia juga dapat membuat konsep, mengenali gambar, foto dan membedakan antara dua foto manusia dalam satu frame.

8. Merpati Balap

Merpati pos dapat mengepakkan sayapnya 10 kali per detik. Jantung seekor burung berdenyut 600 kali dalam satu menit selama 1 jam tanpa istirahat.

9. Memori Merpati

Merpati dapat menyimpan memori visual hingga 300 gambar setiap saat. Hal ini diketahui dari penelitian BF Skinner dari Harvard University.

10. Burung Hebat

Merpati adalah burung yang luar biasa karena mereka selalu pandai mengirim pesan. Burung ini juga setia pada mitra dan majikannya. Merpati selalu bekerja sama dan fokus pada tujuan akhir.

Penutup

Ini hanya beberapa keunggulan merpati. Meski terlihat seperti burung biasa, di dalamnya memiliki kemampuan yang luar biasa.

Walaupun dikatakan sebagai burung yang cepat, namun masih banyak lagi burung yang lebih cepat. Namun, ini hanyalah merpati yang selalu digunakan sebagai burung pengantar surat.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "10 Fakta Menarik Burung Merpati"

RajaBackLink.com