Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Burung Cenderawasih Yang Wajib Kamu Tahu!!!

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Fakta Menarik Burung Cenderawasih Yang Wajib Kamu Tahu!!!.

Burung Cendrawasih adalah burung cantik yang bermarga Paradisaeidae. Nama tersebut diambil dari firdaus yang artinya surga. Dengan kata lain, burung cendrawasih adalah burung dari cendrawasih. Bahkan burung ini mendapat julukan Bird of Paradise karena keindahan bulunya.

Burung dari surga dinamai oleh Uskup Villiadolid, seorang ilmuwan di Roma. Sejarah burung Cenderawasih diawali dengan perjalanan sang raja keliling dunia. Pada tahun 1522, Antonio Pigafetta dan Magellan menyelesaikan perjalanan keliling dunia mereka dan kembali ke Seville.

Saat itu, Pigafetta membawa kulit cendrawasih kuning dari Maluku Utara kepada Raja Spanyol sebagai oleh-oleh untuk Raja Bakan. Nah, memorabilia ini kemudian dikirim ke Uskup Vladolid untuk studi ilmiah.

Konon, burung cendrawasih sudah ada sejak 24 juta tahun lalu. Dahulu masyarakat Papua menggunakan bulu Cendrawasih untuk menghiasi pakaian adatnya. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, bulu cendrawasih diperdagangkan dan menjadi trend menghiasi topi wanita Eropa.

Cenderawasih Goldi (Goldie's Bird of Paradise) (pinterest.se)

Mitos Burung Cenderawasih

Penduduk Eropa mempercayai mitos bahwa burung cendrawasih tidak ada di Bumi karena menurut kepercayaan mereka, burung cendrawasih hanya melayang di langit atau luar angkasa. Padahal, menurut mereka, makanan burung cendrawasih adalah embun, dan proses perkawinan berlangsung di udara.

Uniknya, Cenderawasih betina menetaskan telurnya di punggung jantan, karena sama-sama terbang bukan di darat. Bosan terbang, dia menggantungkan ekornya di dahan, dan burung cendrawasih beristirahat.

Namun, mitos Burung Cendrawasih telah berkembang jauh sebelum orang mengetahui bahwa itu dibuat oleh pengusaha Eropa untuk menjual bulu Burung Cendrawasih dengan harga tinggi di Eropa.

Fakta Menarik Burung Cenderawasih

1. Spesies Burung Cenderawasih

Tahukah Anda bahwa ada 14 marga dan 43 spesies burung cendrawasih. Nah, ada 30 spesies yang ditemukan di Indonesia.

2. Jenis Burung Cenderawasih

Seperti yang kita ketahui bersama, burung cendrawasih ada dua jenis, yaitu cendrawasih merah (Paradisaesa rubra) dan cendrawasih biru (paradisaesa rudolphi).

3. Habitat Burung Cenderawasih

Burung cendrawasih ditemukan di Papua, Papua Nugini, dan Australia timur. Biasanya burung ini hidup di hutan hujan tropis, sabana terbuka, dan hutan semi gunung.

4.Ukuran Tubuh Burung Cenderawasih

Ternyata ada burung cendrawasih dengan tubuh super panjang, mencapai 110 cm, yaitu burung cendrawasih paruh sabit. Burung Cenderawasih terkecil adalah Cenderawasih raja dengan panjang tubuh 15 cm. Sedangkan burung cendrawasih terberat adalah Cenderawasih Maukod jambul keriting yang beratnya mencapai 430 gram.

5. Cara Kawin Burung Cenderawasih

Bagaimana cara burung cendrawasih kawin atau menarik jodoh? Ternyata burung jantan akan memamerkan bulunya yang indah, lalu menari mengelilingi burung betina. Selain menari dan memikat Cendrawasih betina, Cendrawasih jantan juga membuat lagu-lagu indah. Tujuannya agar burung betina mau diajak kawin.

6. Bulu Burung Cenderawasih

Ternyata bulu Cenderawasih jantan memiliki bulu yang lebih cerah dan halus dibandingkan dengan bulu Cenderawasih betina. Beberapa spesies Cenderawasih jantan memiliki ciri bulu kepala yang besar dan memanjang menyerupai mahkota.

7. Cenderawasih termasuk Burung Soliter

Burung Cendrawasih merupakan burung soliter dan hanya berkumpul untuk kawin. Burung Cendrawasih membangun sarangnya dari dedaunan, tanaman rambat, pakis, dll.

8. Telur Burung Cenderawasih

Dalam 22 hingga 30 hari, telur burung cendrawasih menetas, tetapi beberapa di antaranya biasanya dimangsa oleh elang dan ular. Telur yang selamat menetas dan dirawat oleh induknya hingga dewasa.

9. Dulu Bulu Burung Cenderawasih Jadi Hiasan

Pada zaman dahulu, bulu burung Cenderawasih menghiasi masyarakat Papua sebagai pakaian adat. Kemudian, pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, bulu cendrawasih diperdagangkan dan menjadi trend menghiasi topi wanita di benua Eropa.

10. Burung CenderawasihDilindungi

Untuk menjaga populasi burung Cendrawasih, pemerintah telah membuat Undang-Undang Nomor 10. No.5 dan PP tahun 1990. SK No.7 Tahun 1999 mengakui burung cendrawasih sebagai satwa yang dilindungi di Indonesia/

Ini adalah beberapa fakta menarik tentang burung cendrawasih. Bagi yang tinggal di Indonesia pasti tidak percaya dengan mitos bahwa burung cendrawasih berasal dari cendrawasih. Pasalnya, sebagian dari Anda pasti pernah melihat langsung Burung Cendrawasih.

Hingga saat ini burung cendrawasih masih sering dijadikan maskot turnamen. Dahulu, kepala suku pedalaman membuat mahkota dari bulu ekor burung Cenderawasih.

Namun karena jumlahnya yang semakin menipis, akhirnya mahkota Cenderawasih diganti dengan bulu sintetis yang mirip dengan aslinya. Bahkan, Anda bisa membeli mahkota yang terbuat dari bulu ekor burung cenderawasih sebagai oleh-oleh.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik Burung Cenderawasih Yang Wajib Kamu Tahu!!!"

RajaBackLink.com