Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ikan Salmon dan Ikan Trout

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Perbedaan Ikan Salmon dan Ikan Trout.

Perbedaan Ikan Salmon dan Ikan Trout. Sekilas memang sulit untuk membedakan antara kedua spesies ikan trout dan salmon ini, kecuali ada yang benar-benar memahami dan mengetahui spesies ikan tersebut. Pasalnya, kedua ikan tersebut berasal dari keluarga yang sama, yaitu Salmonidae.

Salmon dan trout sering disebut sebagai spesies yang sama. Padahal, kedua ikan ini cukup berbeda secara penampilan, sifat, dan karakteristik.

Ikan Trout VS Ikan Salmon

Meskipun mereka terkait erat dalam bentuk dan perilaku, pengamatan yang lebih dalam dan lebih teliti dapat membedakan antara salmon dan trout.

Perbedaan utama antara salmon dan trout adalah tempat tinggal mereka. Trout adalah ikan air tawar sedangkan salmon adalah ikan air asin (laut). Salmon biasanya lebih tinggi lemaknya dan biasanya berukuran lebih besar.

Perbedaan Utama Ikan Salmon dan Trout

Ikan Salmon

Perbedaan Ikan Salmon dan Ikan Trout

Salmon atau Oncorhynchus nerka merupakan ikan yang hidup di perairan beriklim sedang. Salmon juga merupakan ikan andromous karena berenang dari aliran air tawar ke aliran air asin (air laut) untuk bertelur dan mati.

Ada banyak jenis salmon yaitu Sockeye, Chum, Pink, Chinook, Steelhead dan lain sebagainya. Pesisir pantai Atlantik Utara dan Pasifik merupakan daerah distribusi habitat ikan salmon.

Namun saat ini, salmon dibudidayakan secara luas menggunakan teknik akuakultur karena popularitasnya melebihi permintaan daripada pasokan bagi mereka yang ingin mengkonsumsinya.

Tubuh salmon tidak memiliki bercak oranye pada sirip adiposa, dengan sekitar 13-16 sirip adiposa dan sirip samping. Pergelangan tangan ekor salmon ramping dan mudah dipegang saat ditangkap.

Sirip ekor salmon juga bercabang dengan ujung runcing. Bentuk sirip dadanya panjang, dan ujungnya lebih runcing. Biasanya kepala salmon lancip dengan bentuk rahang atas yang tidak menonjol melebihi mata.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Channa Untuk Pemula!!!

Ikan Trout

Perbedaan Ikan Salmon dan Ikan Trout

Trout memiliki nama ilmiah Salmotruttamorphatrutta. Trout merupakan ikan anadromous (berlari) dengan morfologi (bentuk tubuh) yang lebih bulat dibandingkan salmon yang tubuhnya cenderung kurus dan ramping.

Trout secara alami mendiami lautan dan kolam air tawar. Biasanya ikan trout dapat ditemukan di perairan Eropa dan Asia.

Sementara sebagian besar spesies ikan trout dianggap air tawar, ikan trout secara alami beradaptasi untuk hidup di air asin. Ikan ini kemudian bermigrasi ke air tawar untuk memijah (anadromous).

Memasuki musim pemijahan, induk ikan trout akan mati dan selama itu mereka menyediakan air yang kaya nutrisi untuk benih ikan trout yang sedang tumbuh.

Ikan trout memiliki kepala yang biasanya agak bulat dan mulutnya menjulur di belakang mata. Sedangkan untuk warna ikan trout sendiri banyak terdapat bintik hitam di sepanjang gurat sisi dengan rangkaian bintik merah.

Tepi sirip trout membulat. Sedangkan bentuk sirip ekornya sendiri bisa persegi atau cembung. Trout memiliki pergelangan tangan yang lebih lebar daripada ekornya, sehingga mudah terlepas dari tangan Anda, terutama saat seseorang mencoba menangkapnya.

Ada sekitar 13-16 sisik antara adiposa dan sirip samping pada ikan trout. Sirip ikan trout agak pendek dengan ujung membulat. Sementara itu, sirip adiposa spesies trout berbintik jingga.

Penutup

Nah itulah tadi cara membedakan antara ikan salmon dengan ikan trout. Meski hampir mirip, trout dan salmon berbeda. Sekarang Anda sudah mengerti perbedaan antara ikan trout dan salmon. Jangan salah lagi ya!!!

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Ikan Salmon dan Ikan Trout"

RajaBackLink.com