Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikan Warna Ikan Channa Maru YS

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Cara Menaikan Warna Ikan Channa Maru YS.
Cara menaikan warna ikan Channa ys
Pic pinterest.com

Semakin populernya ikan gabus hias atau yang biasa dikenal dengan ikan Channa. 

Beberapa jenis channa yang banyak diminati masyarakat adalah Channa marulioides, Channa pulchra, Channa aurantimaculata, Channa asiatica dan masih banyak lagi lainnya.

Setiap jenis Channa memiliki karakteristik dan warna yang berbeda. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan warna ikan channa adalah pemberian pakan yang cukup. 

Jenis pakan ikan channa banyak sekali, diantaranya pakan buatan seperti pelet, pakan hidup seperti udang, jangkrik dan cacing tanah.

Perlu diperhatikan bahwa untuk mendapatkan channa yang memiliki warna yang bagus dan bunga yang banyak.

Di perlukan beberapa treatment untuk membantu meningkatkan warna channa dan bunga channa, walaupun tentunya yang utama adalah gen ikan tersebut.

Kita ambil contoh channa maru ys disini karena jenis channa ini paling banyak di Indonesia. Menurut saya, maru ys adalah salah satu jenis channa terindah. 

Untuk channa yang berkualitas tentunya perlu dilakukan treatment untuk meningkatkan warna ikan channa dan juga merawat bunga channa maru ys.

Namun membuat channa maru berwarna kuning cerah bukanlah hal yang mudah. Ini membutuhkan usaha serta biaya yang mungkin tidak terlalu murah.

Berikut Cara Membuat Ikan Channa Maru Sekuning Pisang Cavendish.

1. Untuk Menhindari Stress, Berikanlah Tempat Terbaik

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dasar akuarium yang tepat untuk menciptakan warna channa, jika sedang stress, warna ikan channa akan menghitam atau memudar menjadi abu-abu. 

Maka usahakan agar ikan tetap nyaman seperti menggunakan akuarium yang tidak terlalu sempit, dan hias akuarium menyerupai habitat aslinya.

Sehingga bila dipelihara dalam akuarium, Channa Maru harus memiliki lingkungan yang hampir sama. Hiaslah dasar akuarium dengan substrat atau pasir berwarna terang seperti coklat muda.

Warna tersebut akan merangsang ikan channa untuk membentuk pigmen kuning untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Sebaiknya hindari pasir hitam karena dapat menggelapkan warna channa.

Kalian bisa cek disini jika ingin membeli pasir untuk dasar akuarium ikan channa maru ys kesayangan kalian Pasir malang murah meriah.

2. Agar Warna Ikan Cepat Naik, Berikanlah Background Yang Baik

Latar belakang atau bakcground akuarium juga akan mempengaruhi pembentukan warna ikan channa maru. Akan lebih baik jika background akuarium untuk Channa Maru YS berwarna cerah.

Menurut pengalaman teman seperikanan, Background tebaik adalah yang memliki warna putih. Jika Anda tidak memiliki latar belakang atau bakcground putih.

Anda dapat menggunakan latar belakang atau bakcground yang berbeda asalkan warnanya tidak gelap. Background putih juga akan memudahkan kita mengamati bentuk tubuh dan perkembangan warna channa.

Dari pada kalian bingung cari background sana sini, Mending beli Background Putih Disini!!!

3. Jangan Lupa, Perhatikan Juga Lampu Akuarium

Pencahayaan sangat mempengaruhi perkembangan warna ikan. Melanosit adalah sel pembentuk pigmen yang ditemukan di bawah sisik ikan. 

Ketika sel-sel ini distimulasi dengan baik oleh cahaya, mereka menjadi lebih aktif.

Oleh karena itu, jika Anda ingin channa maru anda berwarna kuning cerah, Anda juga harus memasang lampu. 

Cahaya tidak boleh terlalu redup, juga tidak terlalu terang. Jika terlalu gelap akan mencerahkan ikan, namun jika terlalu terang akan membuat ikan stres karena terlalu terang.

Lampu tidak boleh menyala selama 24 jam karena ini tidak baik untuk ikan. Berikan kesempatan pada ikan untuk beristirahat dengan lampu mati, terutama pada malam hari.

Inilohhh lampu tanning akuarium murah dan berkualitas cocok untuk ikan channa maru kalian, Buruan cek disini sebelum kehabisan!!!

4. Berikan Juga Pakan Yang Penuh Dengan Nutrisi

Dari semua hal yang mempengaruhi pembentukan warna channa, faktor yang paling penting adalah nutrisi channa. Makanan adalah komponen utama dalam menciptakan warna ikan. 

Warna pada channa berasal dari vitamin A yang terdapat pada makanan. Oleh karena itu, Channa sebaiknya diberi makanan yang tinggi vitamin A, seperti udang.

Berdasarkan pengalaman peternak ikan channa ys, kombinasi pakan terbaik adalah udang dengan pelet Premium Yellow.

Udang bisa disajikan seminggu sekali sampai kenyang. Sedangkan pada hari biasa, Channa diberi makan pelet Kuning Premium sebagai snack dan tidak kenyang. 

Perpaduan udang sebagai pakan mingguan dan pelet sebagai pakan harian terbukti efektif dalam menciptakan warna kuning pada channa maru.

Pelet Kuning Premium dipilih karena mengandung banyak vitamin A serta vitamin dan mineral lain yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan warna ikan. 

Perlu diperhatikan untuk tidak memberi makan ikan terlalu banyak, cukup. Karena pemberian pakan yang terlalu banyak tidak baik untuk perkembangan warna channa.

Ada berbagai macam pilihan pelet premium untuk mengingkatkan warna ikan channa maru kalian, Langsung aja di beli disini peletnya.

5. Biar Makin Joss, Berikan Daun Ketapang

Untuk merangsang warna, garis dan bintik bunga pada tubuh ikan channa maru ys dapat menggunakan daun ketapang. 

Khasiat daun ketapang untuk ikan tentunya sudah tidak diragukan lagi, daun ketapang memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan parasit yang bermanfaat bagi kesehatan ikan. 

Selain itu daun ini juga dapat merangsang dan mempercepat mutasi warna pada ikan.

Anda bisa merebus daun ketapang kering yang Anda siapkan selama 10-15 menit, setelah itu Anda bisa menambahkan air rebusan tersebut untuk dicampur dengan air akuarium. 

Anda juga bisa memberikan ekstrak daun ketapang yang sudah dikemas jika tidak ingin terlalu ribet. Anda bisa mengulangi perawatan ini hingga warna ikan benar-benar terlihat.

Gak usah pake lama, langsung aja di pilih pilih Daun ketapang keringnya dimari.

Penutup

Nah itu dia beberapa tips cara mencerahkan warna ikan channa maru yellow sentarum. 

Walaupun sudah menggunakan banyak cara, namun ikan gabus anda belum maksimal artinya genetik ikan channa kalian kurang baik.

Meskipun demikian anda tetap harus menyayangi ikan channa kesayangan anda.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Cara Menaikan Warna Ikan Channa Maru YS"

RajaBackLink.com