Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Ular Hitam di Indonesia yang Ada di Sekitar Kita

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 5 Jenis Ular Hitam di Indonesia yang Ada di Sekitar Kita.

Ada banyak jenis hewan di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi tropis dan hutan lebat yang membuat nusantara memiliki banyak flora dan fauna yang hidup berdampingan.

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis ular hitam yang bisa Sobat Pintar lihat dan temukan.

Biasanya, beberapa ular berwarna gelap dan hitam memiliki tingkat racun yang tinggi dan bisa sangat mematikan, itulah sebabnya beberapa ular ini sangat menakutkan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami mencoba merangkum beberapa jenis ular hitam yang dapat ditemukan di Indonesia, simak penjelasan lengkap dan jelas dibawah ini.

Daftar Ular Warna Hitam yang Hidup di Indonesia

Beberapa jenis ular yang umum, sebagian besar memiliki racun yang tinggi dan mematikan, beberapa ular berwarna gelap dan hitam.

Nah berikut akan kami list ular hitam yang bisa Anda temukan, simak ulasan lengkapnya yang dirangkum oleh Petpi di bawah ini.

1. Ular Welang

Jenis Ular Hitam Di Indonesia

Ular jenis ini biasanya ditemukan di daerah pertanian, hutan, dan terkadang pantai, tetapi paling banyak ditemukan di daerah dekat perairan.

Makanan favorit ular ini adalah tikus, ular, dan kadal. Hewan ini termasuk ke dalam jenis ular yang sangat berbisa dan sangat mematikan, jadi jika anda menjumpainya sebaiknya hindari saja.

Pencinta makanan vertebrata ini akan sangat aktif ketika harus berburu di malam hari karena ia benar-benar bisa mendapatkan makanan yang ia inginkan.

Namun pada siang hari, ular jenis ini tidak begitu agresif dan pemarah. Oleh karena itu, jika sudah menemukannya, sebaiknya jangan langsung berhadapan langsung dengan welang ini.

Untuk warnanya sendiri, jenis ular ini memiliki beberapa campuran di dalamnya, Anda akan menemukannya dengan warna dominan belang hitam dan kuning yang sering berganti-ganti.

Ular welang sendiri tidak hanya terdapat di indoneesia, tetapi tersebar luas di India, Thailand, Brunei, dan Malaysia. Di Indonesia, ular ini bisa ditemukan di pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

2. Ular Anang

Ular Berwana Hitam

Ular dengan warna gelap dan kehitaman ini merupakan ular anang atau yang dikenal masyarakat luas adalah king cobra.

Jenis ular ini mematikan dan sangat berbahaya jika terkena bisanya. Jika Anda terkena racun ini dan tidak dapat diobati dengan cepat, maka akan mengakibatkan kematian, walaupun hanya sekali gigitan.

Namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena ular ular itu sendiri tidak terlalu ingin berurusan dengan orang dan menghindari lebih banyak.

Namun, jika Anda menemukannya, lebih baik menjauh karena akan sangat berbahaya dan dapat membahayakan nyawa orang. Karena itu, lebih baik menghindarinya daripada menempatkan diri Anda dalam risiko besar.

Adapun habitatnya sendiri, ular jenis ini banyak ditemukan di hutan bakau, hutan perawan, persawahan dan pemukiman penduduk yang berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Makanan favorit ular ini adalah tikus dan ular lainnya. Meskipun termasuk dalam jenis ular ophiophagus, ular ini terkadang ditemukan memangsa biawak dan biawak kecil.

3. Ular Weling

Ular Hitam Yang Ada Di Indonesia

Jika ular welang memiliki kombinasi warna kuning dan hitam, berbeda dengan jenis ular weling yang memiliki kombinasi warna putih dan hitam.

Jenis ular hitam di Indonesia ini termasuk ke dalam bagian ular berbahaya dan memiliki bisa yang sangat tinggi, karena racun yang terkandung di dalamnya merusak sistem syaraf dan akan mengalami kelumpuhan.

Untuk habitatnya sendiri, ular ini sangat menyukai tempat yang lembab dan banyak air, seperti sawah, dan terkadang hidup di lubang tikus.

Di pagi hari, ular berbintik hitam putih ini tidak aktif dan sangat pemalu.

Hal ini dikarenakan ular Weling merupakan hewan nokturnal atau hewan yang akan benar-benar aktif ketika memasuki malam hari untuk mencari dan berburu hewan kesayangannya.

Ular weling sendiri tidak terlalu agresif dan tidak terlalu suka menggigit saat ditemukan, lebih memilih menutupi kepalanya dengan ekornya dan bersembunyi di semak-semak dan rerumputan.

Namun jika Anda menemukannya, lebih baik hindari mengganggu dan merugikannya.

4. Ular Tikus

Ular Hitam Yang Hidup Di Indonesia

Termasuk dalam kategori hewan yang tidak begitu berbahaya bagi manusia, mereka hidup di lahan pertanian dan di alam liar.

Makanan favorit ular ini sesuai dengan namanya yang suka berburu tikus, katak, dan beberapa vertebrata lainnya. Karena persebarannya sendiri, ular ini banyak dijumpai di kawasan Indocina.

Untuk warnanya sendiri, ular ini sebenarnya didominasi warna gelap, termasuk mata gelap, garis terang lebih pudar, dan bagian tubuh lebih ke arah warna gelap dan tampak hitam. Karena persebarannya, spesies ini tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

Jika Anda menemukannya, bukan berarti Anda bisa seenaknya mengambil dan memainkannya. Tentu saja, beberapa ular, saat terancam, memiliki pertahanan diri sehingga Anda harus berhati-hati agar tidak menyakitinya.

Pada tahap ini, Anda harus bisa benar-benar memperhatikan agar bisa saling menghargai.

5. Ular Kawat

Ular Hitam

Yang terakhir ular yang sepenuhnya didominasi oleh warna hitam adalah ular kawat biasa yang menghabiskan banyak waktu di tanah dan sangat jarang terlihat.

Ular jenis ini tidak begitu berbahaya dan berbisa bagi manusia. Untuk menemukannya, ular hitam kecil jenis ini biasanya ditemukan di dalam tanah, di balik kayu dan bebatuan, dan merupakan ular terkecil di dunia dengan ukuran hanya 20 cm.

Untuk persebarannya sendiri, ular ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, Afrika, Amerika Serikat, dan Timur Tengah.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai jenis ular hitam yang ada di Indonesia yang bisa anda lihat dan ketahui semua tentangnya. Semua ular hitam yang dibahas sebelumnya didominasi warna hitam, sehingga semuanya termasuk dalam jenis ular hitam yang mungkin hidup di sekitar kita.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Ular Hitam di Indonesia yang Ada di Sekitar Kita"

RajaBackLink.com