Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ikan Louhan dan Harganya

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Jenis Ikan Louhan dan Harganya.

Harga ikan louhan semakin menggila dari hari ke hari, apalagi kepopuleran ikan ini semakin tinggi. 

Selain bentuk tubuhnya yang unik, ikan louhan juga memiliki warna yang cerah dan menarik.

Jika jenong semakin besar ukurannya dan tentunya dengan bentuk yang ideal maka harga ikan akan semakin mahal. 

Tetapi jika terlalu besar, harganya akan terlalu tinggi

Dikurangi, karena jenong yang terlalu besar dianggap jelek dan pertanda louhan sudah tua. 

Sebelum membeli ikan louhan, Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri ikan Luo Han yang berkualitas tinggi.

Ciri-Ciri Ikan Luohan Berkualitas Tinggi

jenis ikan louhan

Ketika Anda membeli louhan, tentu Anda menginginkan ikan yang terlihat bagus dan sehat bukan?

Sebelum itu, Anda harus memahami kualitas ikan louhan, sehingga Anda tidak menyesal membeli ikan yang salah.

Jangan sampai ikan louhan yang anda baru beli tiba-tiba langsung jatuh sakit bahkan meninggal mendadak.

Karena terkadang masih ada penjual ikan louhan yang nakal, Untuk mengantisipasi hal tersebut berikut beberapa ciri-ciri ikan louha yang bagus dan berkualitas:

1. Memiliki warna yang cerah

Ikan yang cerah merupakan tanda bahwa ikan tersebut sehat dan tidak sakit. Cara ini adalah cara termudah dan termudah untuk menemukan ikan louhan yang baik.

2. Memiliki pola sisik yang rapi

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah sisiknya, sisik yang terawat merupakan tanda ikan sehat dan tidak cacat. Jika sisik sering rontok atau tidak beraturan, ikan louhan biasanya terkena penyakit atau gejalanya baru saja dimulai.

3. Ukuran sirip atas dan bawah sama

Ikan louhan juga bisa kita lihat bagus atau tidaknya dari siripnya, jika siripnya tidak seimbang antara atas dan bawah, bisa jadi menandakan ikan louhan memiliki masalah pertumbuhan dan tidak ideal untuk dipelihara.

4. Warna mata cerah dan mata tajam

Cara ini juga sangat efektif saat mengamati ikan louhan sehat, karena ikan louhan yang sakit memiliki mata berkaca-kaca dan penglihatan yang buruk.

5. Proporsi Jenong Louhan

Nah mengenai masalah jenong ini sepertinya menjadi prioritas yang sangat diperhatikan karena bagus atau tidaknya ikan itu bisa dilihat dari jenongnya.

Perhatikan bentuk jenong agar tidak ada yang luka atau bentuk yang aneh dan sebagainya.

Jenis Ikan Louhan

Setelah mengetahui ciri-cirinya, sekarang kita bahas daftar harga semua jenis ikan louhan yang ada di pasaran. Di bawah ini adalah daftar berbagai macam jenis ikan louhan:

1. Ikan Louhan Bonsai

Sesuaia namanya, ikan louhan yang berikut ini memiliki tubuh yang kecil, tapi jika kalian melihat dari segi keindahannya, ikan louhan bonsai ini tidak kalah dengan ikan louhan lainnya.

Meski ukurannya kecil, banyak orang yang mencari ikan louhan jenis ini untuk menghiasi akuarium mereka.

Untuk harga ikan louhan bonsai ini, Harganya cukup bervariasi jika ikannya cukup besar biasanya dijual dengan harga Rp 800.000 per ekor. Sedangkan untuk anak muda sekitar Rp. 250 ribu.

2. Ikan Louhan Cencu

Jenis ikan louhan ini lebih variatif warnanya dibandingkan jenis kamfa sebelumnya, perpaduan warna mulai dari merah, kuning, putih hingga coklat.

Dan untuk harga louhan cencu ini tidak bisa dikatakan mahal, harga jualnya masih sangat murah dibandingkan dengan jenis kamfa.

Seekor ikan Louhan Cencu dewasa harganya berkisar Rp 750.000 per ekor dan Rp 150.000 untuk yang masih kecil.

3. Ikan Louhan Golden Base

Ikan louhan jenis ini memiliki warna tubuh yang dominan kuning dan warna kuning kemerahan. yang membedakannya dengan jenis louhan lainnya adalah ikan ini tidak berwarna hitam sama sekali.

Harga ikan louhan jenis ini cukup tinggi dibandingkan jenis ikan louhan lainnya. Seekor ikan louhan golden base dewasa harganya Rp 1.800.000 per ekor, sedangkan ikan louhan golden base muda harganya sekitar Rp 400.000.

Untuk mengenal lebih jauh ikan louhan golden base kalian bisa membacanya disini.

4.Ikan Louhan Golden Red

Jenis ikan louhan ini sangat populer di Indonesia dan salah satu ikan termahal.

Ciri khasnya ikan louhan ini berwarna merah keemasan dari atas kepala hingga ekornya, memang sangat menggemaskan dan menarik perhatian orang yang melihatnya.

Harganya saja sekitar Rp 3.000.000 untuk ikan louhan dewasa, sedangkan ikan louhan golden red anakan biasanya hanya dijual sekitar Rp 600.000 saja.

5. Ikan Louhan Kamalau (Kamfamalau)

Ada lagi jenis ikan louhan yang berasal dari negara thailand sawadikap, mereka memiliki skema warna yang unik dan sedikit berbeda dengan jenis louhan lainya. Ikan ini memiliki ciri yang khas pada  tubuhnya yaitu warna merah dan pink.

Jenognya berwarna merah muda hingga pertengahan tubuh dan putih-merah dari punggung hingga ekor, sedangkan erko berwarna hitam di ujung.

Harganya sendiri masih terbilang murah dibandingkan jenis ikan louhan lainnya yang dijual Rp 700.000 untuk dewasa dan Rp 150.000 untuk anakan.

6. Ikan Louhan Kamfa

Jenis ini sangat populer saat ini karena jenis ikan louhan berasal dari Indonesia dan Singapura. Dan sekarang telah berkembang sangat cepat, sebagai hasil budidaya terus-menerus oleh para peternak.

Ciri khas ikan louhan jenis ini adalah memiliki warna merah kemerah-merahan dan dihiasi pola bintik-bintik putih menutupi seluruh tubuhnya serta adanya bintik-bintik hitam di bagian tengah tubuhnya yang indah.

Louhan Kamfa juga sering disebut sebagai Louhan Mutiara karena warnanya yang mencolok dan cerah. Oleh karena itu, harga ikan louhan kamfa sangat mahal.

Saat ini ikan louhan jenis kamfa biasanya dijual dengan harga Rp. 3.500.000 per ekor, harga tersebut merupakan harga standar. Dan jangan mengesampingkan yang lebih mahal lagi.

Yang benar-benar meninggikan harga adalah warna dan jenong yang dimilikinya, sedangkan ikan louhan  kamfa yang masih muda harganya sekitar Rp 800.000.

7. Ikan Louhan Rainbow King

Seperti namanya, ikan ini memiliki perpaduan beberapa warna, seperti pelangi. Perpaduan warnanya terdiri dari 5 warna berbeda yang membuat ikan ini sangat cantik.

Tak heran, karena perbungaan yang istimewa ini, hargan ikan louhan rainbow king sangat mahal dibandingkan dengan jenis ikan louhan lain.

Untuk harganya sendiri louan rainbow king di jual dengan harga sekitar Rp 3.000.000 dan untuk anakanya di jual dengan harga sekitar Rp 600.000.

8. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ikan Louhan Super Red Dragon atau lebih dikenal ikan nama Louhan SRD merupakan jenis louhan asli Thailand. Jenis ini merupakan hasil persilangan ikan cencu louhan dan ikan chicild.

Ciri khas louhan srd ini adalah ukuran kepalanya yang sangat berbeda dengan ukuran tubuhnya, serta perona pipi hampir di sekujur tubuh dan lebih dominan di bagian kepala.

Harga ikan louhan super red ini perekornya dijual dengan harga Rp 1.500.000. Kalau pola warna dan jenongnya lebih bagus, malah bisa lebih mahal dari harga itu.

Selain itu, harga anakan ikan louhan srd ini sekitar Rp 400.000 per ekor.

Untuk mengenal lebih jauh ikan louhan super red (srd) kalian bisa membacanya disini.

9. Ikan Louhan SRS (Super Red Synspilum)

Louhan jenis ini juga berasal dari Thailand dan sering disebut Louhan Kamfa versi Thailand. 

Ciri khasnya adalah memiliki kombinasi warna merah dan oranye yang sempurna dan tidak memiliki bintik-bintik seperti jenis lainnya.

Selain karena keindahannya, louhan jenis ini juga banyak diminati karena memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik dari berbagai macam serangan penyakit, dibandingkan jenis louhan lainnya.

Untuk harganya sendiri masih di angka 2 jutaan, biasanya dibanderol sekitar Rp. 2.500.000 per ekor dan untuk anakan sekitar Rp. 400.000.

10. Ikan Louhan SRT (Super Red Texas)

Walaupun nama ikan ini adalah Super Red Texas, namun jangan salah, ikan ini bukan berasal dari Texas, melainkan dari Thailand.

Nama tersebut dipilih karena ikan tersebut merupakan hasil persilangan antara remaja Texas abu-abu dan louhan merah keemasan.

Pesilangan itu telah menghasilkan kombinasi warna yang indah dari induknya, yaitu merah kemerahan dan dihiasi bintik-bintik putih seragam di sekujur tubuhnya.

Namun sangat disayangkan ikan louhan srt ini berbeda dengan jenis louhan lainya.

Ukuran jeenognya tidak dapat tumbuh besar, ikan louhan srt meskipun louhan srt ini sudah dewasa

Untuk harganya ikan louhan srt ini dijual sekitar Rp 2.300.000 per ekor dan sekitar Rp 600.000 untuk anakanya

11. Ikan Louhan Strom

Ikan louhan yang satu ini mungkin terkesan asing bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan ini merupakan hasil penangkaran para pecinta ikan hias Thailand, dan belum menyebar secara keseluruhan.

Banyak orang yang tertarik dengan keindahan ikan louhan storm atau badai ini dan banyak dari mereka yang ingin memelihara ikan hias louha jenis ini. 

Ciri pembeda dari ikan louhan ni adalah memiliki tiga corak warna yang berbeda yaitu merah, biru dan perak.

Sedangkan untuk harga pasaran ikan louhan strom dijula sekitar 2.500.000 rupiah, sedangkan anakanya dijual dengan harga sekitar 650.000 rupiah.

Demikian Informasi Daftar Harga Ikan Louhan yang dapat kami sampaikann, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Jenis Ikan Louhan dan Harganya"

RajaBackLink.com