Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Jenis Ikan Manfish atau Angelfish Lengkap Beserta Harganya

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 10+ Jenis Ikan Manfish atau Angelfish Lengkap Beserta Harganya .

Manfish atau angelfish adalah ikan hias air tawar dari keluarga cichilds. Ikan Manfish atau Angelfish merupakan salah satu ikan yang paling populer di kalangan hobi ikan hias. Nama ilmiah bonito adalah Pterophyllum.

Manfish berasal dari sungai Amazon Amerika Selatan. Ikan mas crucian memiliki ciri-ciri tubuh seperti layang-layang dengan 2 sirip lengan bawah.

Ikan Manfish adalah ikan yang sangat rakus dan terkadang beberapa di antaranya ganas atau ganas terhadap ikan lain. Makanan Ikan Manfish berupa cacing sutera, cacing beku, jentik nyamuk dan pelet.

Ikan Manfish adalah ikan yang baik untuk dipelihara di akuarium karena mereka adalah salah satu yang paling mudah ditemukan di penjual ikan dan tidak terlalu pilih-pilih dalam hal perawatan.

Cara merawat Ikan Manfish, Anda harus menyiapkan akuarium dengan air minimal 100 liter dan filter akuarium yang memadai. Suhu air di akuarium yang dibutuhkan adalah sekitar 26-30 derajat Celcius. Kisaran pH adalah 6 - 7. Sebenarnya, ukuran tidak wajib karena ikan haring dapat dilatih dalam kondisi air yang berbeda.

Tankmate terbaik ikan manfish adalah ikan discus, hindarilah tankmate yang berukuran kecil seperti ikan tetra, ikan guppy dan lain-lain karena ikan manfish bisa saja menggigit ikan -ikan yang terlalu kecil.

Daftar Isi

Berikut Jenis Manfish  Lengkap Beserta Harganya

1. Zebra Angelfish

Sumber pinterst.com

Zebra angelfish ditandai dengan garis-garis hitam dan mata merah. Jadi ikan manfish ini disebut zebra karena tubuhnya menyerupai pola zebra. Harga ikan zebra atau zebra angelfish ini berkisar Rp 5000 per ekor ikan berukuran 3cm. Kalau di pasaran, harganya bisa berkisar antara 5.000 hingga 30.000 tergantung ukurannya.

2. Marble Angelfish

Sumber pinterst.com

Tubuh ikan marble manfish mempunyai motif acak berwarna hitam dan putih. Harga ikan marbl;e manfish di pasaran berkisar 7rb hingga 20rb rupiah.

3. Half Black Angelfish

Sumber pinterst.com

Manfish setengah hitam ini memiliki ciri-ciri setengah hitam di tubuhnya. Harga ikan manfish setengah hitam ini mulai dari 5 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah per ekor.

4. Platinum Angelfish

Sumber pinterst.com

Manfish platinum ini memiliki warna silver diseluruh tubuhnya. Harga ikan manfish platinum di pasaran berkisar 5rb - 25rb rupiah tergantung ukuran nya.

5. Ghost Angelfish

Sumber pinterst.com

Ghost angelfish adalah jenis ikan manfish dengan ciri khas warna pucat seperti di atas. Harga ikan ini juga tidak diketahui.

6. Silver Angelfish

Sumber pinterst.com

Angelfish perak dan angelfish zebra memiliki pola dan karakteristik warna yang sama, kecuali angelfish silver ini memiliki garis hitam lebih sedikit daripada angelfish zebra. Harga ikan silver angelfish ini dipasaran berkisar antara Rp 5rb hingga 30rb per ekor.

7. Clown Angelfish

Sumber pinterst.com

Clown Angelfish ini memiliki tubuh dominan berwarna putih dengan pola bintik-bintik hitam pada tubuhnya. Saya tidak tahu harga ikan ini, mungkin kedepannya jika saya mendapatkan informasi harga ikan ini akan saya edit dan tambahkan disini.

8. KOI Angelfish

Sumber pinterst.com

Ikan Manfish Koi ini bukan koi biasa, nama koi diambil dari kombinasi warna yang mirip dengan Ikan koi, sehingga ikan ini disebut fairy koi. Ikan Manfish koi dibandrol dengan harga antara Rp 15.000 - 75.000 di pasaran tergantung ukuran dan penjualnya.

9. Gold Angelfish

Sumber pinterst.com

Seperti namnya, golden angelfish ini memiliki ciri khas berwarna keemasan. Harga golden angelfish ini berkisar antara 20.000 hingga 100.000 di pasaran per ekor nya dan tergantung ukuran nya. 

10. Blushing Angelfish

Sumber pinterst.com

Tidak seperti manfish lainnya, ikan manfish blush tidak memiliki pigmen di tubuhnya, sehingga manfish ini tampak transparan. Harga ikan manfish ini di pasaranberkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 75.000 per ekor. 

11. Albino Angelfish

Sumber pinterst.com

Angelfish albino mirip dengan angelfish platinum, kecuali matanya berwarna merah sesuai dengan karakteristik hewan albino. Harga ikan ini di pasaran berkisar antara Rp 10rb - 100rb tergantung kualitas dan ukuran nya.

12. Leopard Angelfish

Sumber pinterst.com

Angelfish leopard ini memiliki pola titik hitam seperti macan tutul di tubuhnya, sehingga disebut leopard angelfish. Harga Leopard Angelfish sekitar Rp 5000 - 30000 per ekor

13. Altum Angelfish

Sumber pinterst.com

Altum Angelfish adalah ikan manfish paling mahal yang ada di pasaran saat ini. Ikan ini membutuhkan perawatan khusus dan warna serta coraknya yang solid. Manfish altum ini juga bisa tumbuh hingga 6 inci. Harga ikan altum manfish bisa berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

14. Black Veil Angelfish

Sumber pinterst.com

Angelfish Black Veil adalah ikan manfish dengan ciri fisik berwarna hitam, biasanya manfish jenis black veil memiliki ekor yang panjang, seperti jenis ikan pembunuh. Harga ikan angelfish black veil di pasaran berkisara antara 10.000 dan 70.000.

15. Black Lace Angelfish

Sumber pinterst.com

Untuk ikan ini, angelfish black lace dan angelfish black veil sangat mirip, mungkin Anda bisa melihat perbedaannya dari gambar di atas. Harga ikan ini dipasaran  berkisar 15rb - 75rb rupiah per ekornya.

Penutup

Itulah 15 Jenis - Jenis ikan Manfish Lengkap dengan Harga nya. semoga artikel ini membantu sobat smeua yang ingin memelihara ikan manfih di akaurium sobat.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "10+ Jenis Ikan Manfish atau Angelfish Lengkap Beserta Harganya "

RajaBackLink.com