Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Red Tail Catfish (RTC) dan Harganya

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Mengenal Ikan Red Tail Catfish (RTC) dan Harganya.

Ikan RTC (Red Tail Catfish) sering disebut ikan lele besar seperti doraemon. Hal ini wajar karena tampilannya yang begitu unik dan imut. Sangat cocok jika digunakan sebagai hiasan di akuarium rumah atau tempat umum.

Jika warna ekor berubah menjadi merah, umur ikan ini digosipkan bisa berumur panjang. Ikan ini juga memiliki ukuran yang bisa mencapai 1,8 meter dengan berat hingga 80 kg, dan umur ikan ini bisa mencapai 20 tahun. 

Ikan ini tergolong ikan omnivora atau pemakan segalanya, sehingga ikan ini tergolong ikan predator, namun ikan ini mampu hidup bersama ikan lele jenis lainnya.

Ikan ini juga tidak mudah mati atau sakit, bahkan jamur atau kurap versicolor pun tidak dapat membunuhnya. 

Namun ikan ini memiliki mitos yaitu jika memakan ikan yang berwarna hitam ini akan bernasib sial seumur hidup, mitos ini terkenal di India.

Klasifikasi Ikan Red Tail Catfish

Red Tail Catfish merupakan ikan hias berukuran cukup besar yang sangat digemari oleh banyak pecinta ikan. Selain tampilannya yang lucu, perawatannya pun cukup mudah dan murah sehingga tidak membutuhkan biaya tambahan yang besar.

Klasifikasi ilmiah ikan ini jika dirinci adalah sebagai berikut: 

RTC (Red Tail Catfish) memiliki habitat asli di air tawar seperti sungai dan danau. Itu tidak bisa hidup di laut dan jenis air asin lainnya.

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygil
  • Ordo : Siluryformes
  • Famili : Pimoledidae
  • Genus : Phractocephalus
  • Spesies : P. Hemioliopterus

Habitat Ikan Red Tail Catfish

Habitat utama ikan RTC adalah air tawar seperti danau dan sungai. Ikan RTC ini tidak bisa hidup di laut atau jenis air asin lainnya.

Ikan RTC dapat hidup di air tawar dengan arus yang tenang maupun deras. Ikan ini pertama kali ditemukan di sungai Orinoco, Amazon dan Essequibo di Amerika.

Setelah itu, ikan ini menyebar secara alami ke berbagai negara lain seperti Guyana, Bolivia, Venezuela, dan Ekuador. Kini ikan RTC lebih mudah ditemukan karena sudah ada di berbagai belahan dunia, salah satunya negara kita Indonesia.

Habitat utama ikan red tail catfish ini adalah air tawar seperti danau dan sungai. Ikan lele ini awalnya ditemukan di sungai Orinoco, Amazon, dan Essequibo di Amerika Serikat.

Setelah itu, ikan ini menyebar secara alami ke berbagai negara lain seperti Guyana, Bolivia, Venezuela, dan Ekuador. Kini ikan RTC lebih mudah ditemukan karena sudah ada di berbagai belahan dunia, salah satunya negara kita Indonesia.

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Louhan dan Harganya

Ciri Fisik Ikan Red Tail Catfish

Seperti namanya, ciri fisik ikan RTC yang membedakannya dengan spesies lain adalah adanya warna merah pada ekornya. Meski begitu, paha dan perutnya sangat kontras dan berwarna hitam dan putih.

Ikan ini juga dinilai sangat unik karena bentuk kepalanya yang sangat besar dan lebar menyerupai tokoh kartun Doraemon. Ini membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan, terutama untuk anak-anak.

Nah, ngomong-ngomong ukuran ikan yang satu ini, panjangnya sekitar 1,8 meter. Ukurannya cukup panjang untuk kebanyakan ikan hias. Bobot seluruh tubuhnya yang bisa mencapai 80 kg.

Karakteristik Ikan Red Tail Catfish

Ikan RTC adalah spesies yang sangat pemalu. Di akuarium, ia suka bersembunyi di balik bebatuan dan dekorasi tanaman aquascape. Properti ini sangat mirip dengan penjumlahan.

Ikan ini juga memiliki temperamen emosional yang biasanya terkendali. Dia tenang dan lembut dengan ikan dan manusia lain.

Harga Ikan Red Tail Catfish

Harga jual ikan lele ekor merah sebagai ikan hias masih relatif tinggi di pasaran. Untuk tipe anakan umumnya dipatok antara Rp 200.000 hingga Rp 400.000.

Selain itu, jika ikan RTC berukuran besar dan berpenampilan menarik, harganya akan semakin mahal, hingga jutaan rupiah, tergantung ukuran dan keunikannya.

Tertarik memelihara ikan red tail cattfish ? kalian bisa membeli ikan red tail catfish melalui link di bawah ini. Dan buat pemula kalian tidak perlu khawatir karena blog ngalongpedia memberikan tata cara memelihara dan merawat ikan rtc ini.

Beli Ikan Redtail Catfish Disini

Cara Memelihara Ikan Red Tail Catfish

Sebelum mulai merawatnya, ada baiknya Anda mengetahui Cara Merawat Ikan Red Tail Cattfish berikut ini agar Anda mengetahui cara terbaik merawatnya.

Temperamen dan perilaku

Seperti ikan predator lainnya, Ikan red tail catfish juga merupakan ikan yang agresif, terutama terhadap mangsa yang lebih kecil.

Mereka berenang di dasar akuarium, yang berarti mereka lebih aktif di dasar tangki akuarium atau dasar kolam.

Nah, jika Anda ingin mempertahankannya, Anda harus memberi lebih banyak ruang di dasar akuarium kalian.

Namun, ketika ikannya kecil, mereka menjadi lebih pemalu. Karena itu, Kalian bisa menyiapkan atau memberikan tempat persembunyian untuk mereka.

Umur ikan Ikan red tail catfish ini bisa mencapai 15 tahun di penangkaran.

Makanan Red Tail Catfish

Pada dasarnya, redtail catfish adalah omnivora, artinya bisa memakan apa saja. Namun, dia lebih suka makan daging. Di habitat aslinya, ia memakan cacing, ikan kecil lainnya, serangga, dan tumbuhan di sepanjang dasar sungai.

Ini berarti Anda juga dapat memberi makan ikan predator ini seperti yang Anda lakukan di habitat aslinya. Anda juga bisa memberinya pelet tenggelam jika tidak ingin diganggu dengan makanan hidup.

Anda juga bisa memberikan ikan lele predator ini beberapa makanan beku seperti cacing dan udang beku. Anakan redtail catfish dapat diberi makan sekali atau dua kali sehari. 

Sementara itu, Anda bisa memberinya sekali atau dua kali seminggu saat dia sudah dewasa.

Tempat Pemeliharaan

Ikan ini sebaiknya dipelihara di kolam karena dapat tumbuh besar dengan cepat.

Namun jika ingin memeliharanya di akuarium sebenarnya bisa saja, Anda hanya perlu menyiapkan minimal satu akuarium dengan kapasitas sekitar 1500-2000 galon atau 5000 liter.

Kondisi air

Red tail catfish sangat kuat dan dapat bertahan hidup serta beradaptasi dengan banyak kondisi, namun dengan suhu air yang sempurna akan membuat ikan tersebut bahagia seperti di habitat aslinya.

Mereka cukup tangguh, bahkan dengan ikan yang bisa hidup tanpa aerator. Namun untuk pengawetan terbaik, Anda tetap perlu menyediakan oksigen yang cukup di dalam air.

Suhu air ideal bagi predator ini bisa Anda pertahankan sekitar 20-26 derajat Celcius, dengan tingkat pH antara 6 dan 7.

Meski ikan red tail catfish  ini tergolong ikan yang kuat, namun dengan menjaga kebersihan air dapat menjaga ikan agar terhindar dari stres dan penyakit.

Penutup

Nah, itu dia panduan lengkap cara memelihara redtail catfish atau lele ekor merah mulai dari klasifikasi ilmiah hingga harga jual ikan rtc inii di pasaran. Semoga artikel ini ini membantu Anda!

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Red Tail Catfish (RTC) dan Harganya"

RajaBackLink.com