Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Ikan yang Bisa Dicampur dan Di Jadikan Tankmate Dengan Ikan Glofish

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 5 Jenis Ikan yang Bisa Dicampur dan Di Jadikan Tankmate Dengan Ikan Glofish.

Glofish Tetra adalah ikan hias air tawar tropis dengan warna menakjubkan mulai dari cosmic blue, electric green, sunny orange, pink moonrise, fiery red, hingga galactic purple. Ini menjadikan mereka ikan hias yang sangat baik di kantor, rumah atau ruang kelas.

glofish tetra tankmate

Tetra suka berenang bersama setidaknya ada lima individu dan memiliki umur rata-rata 3 sampai 5 tahun. Mereka sebagian besar damai dan membutuhkan area mandi yang luas; oleh karena itu yang terbaik adalah menyimpannya dalam tangki 200 liter atau kurang.

Ikan glofish dapat hidup harmonis dengan spesies ikan damai lainnya. Berikut adalah beberapa teman atau tankmate terbaik untuk Glofish Tetra.

Baca Juga : Mengenal Ikan Glofish dan Cara Merawatnya

Tankmate Terbaik Ikan Glofish

1. Guppy

Ikan guppy

Guppy adalah salah satu ikan paling menakjubkan di akuarium. Mereka memiliki warna yang menakjubkan dan menarik serta mampu berkembang biak dengan cepat, itulah sebabnya mereka paling disukai oleh banyak pemelihara ikan hias air tawar.

Mereka mudah dirawat dan dipelihara serta bergaul dengan baik dengan berbagai spesies termasuk tetra glofish karena mereka mudah bergaul. Umur mereka sekitar 2 hingga 5 tahun, yang terutama terkait dengan tingkat perawatan yang Anda berikan kepada mereka. Guppy biasanya mati karena stres dan penyakit lainnya.

Guppy menjadi dewasa dengan lambat dan berkembang biak lebih teratur. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya berenang di atas tangki untuk mendapatkan lebih banyak oksigen.

Oleh karena itu, disarankan untuk memiliki aerator di dalam tangki untuk memastikan tersedia cukup oksigen di dalam air untuk ikan guppy. Menjaga aliran air juga merupakan pilihan pengiriman oksigen yang sangat baik.

Guppies berasal dari perairan hangat Amerika Selatan dan dapat bertahan hidup dengan baik di berbagai suhu. Mereka hidup nyaman dalam kondisi air hangat. Karena itu, Anda harus mencoba meniru habitat aslinya yang relatif mudah dilakukan.

Agar guppy Anda cepat dewasa, pastikan suhu air antara 18 dan 28 derajat Celcius dan pH antara 7,5 dan 8,0. Anda juga harus sering memeriksa ketinggian air untuk mencegah fluktuasi yang signifikan.

Anda dapat memelihara hingga tiga ikan gupi dalam tangki kecil berukuran 20 liter, meskipun ukuran yang paling disarankan adalah 40 liter atau lebih untuk memberi mereka lebih banyak ruang untuk berenang dan bermain. Mereka adalah ikan kecil dengan panjang rata-rata hanya 5 cm untuk orang dewasa.

Guppy betina bisa tumbuh hingga panjang 6,5 cm. Tetapi jantan jarang mencapai 5 cm. Ukurannya yang kecil membuat guppy pilihan yang cocok untuk orang-orang dengan akuarium kecil. Namun, mereka lebih nyaman saat Anda menyimpannya di tangki yang lebih besar.

Ikan guppy adalah ikan tropis yang serba guna dan damai secara alami, menjadikan mereka teman yang sangat baik untuk akuarium komunitas yang berisi glofish tetra. Banyak yang tidak memperhatikan agresivitas mereka, tetapi mereka bisa menjadi teritorial dan agresif.

2. Molly Silver

Ikan Molly Silver

Ikan molly perak cukup populer di kalangan aquarists dan tersedia dalam berbagai spesies untuk dipilih. Mereka memiliki warna yang menarik dan mudah dirawat, menjadikannya pilihan ideal untuk pemula. Tetapi Anda harus memiliki keterampilan merawat ikan yang kuat agar tetap sehat dan bahagia. Mereka akan melakukannya dengan baik dengan tetra glofish Anda.

Mereka omnivora dan bisa memakan hampir semua hal, termasuk ganggang, tumbuhan, invertebrata kecil, dan makanan serpihan. Kerang kecil tumbuh dengan baik di tangki kecil 40 liter, sedangkan varietas yang lebih besar membutuhkan tangki yang lebih besar minimal 120 liter. Ikan ini menghabiskan sebagian besar waktunya di dasar tangki dan lebih menyukai substrat berpasir.

Mereka memiliki umur 3 hingga 5 tahun di dalam tangki dengan perawatan dan kondisi yang sangat baik. Ikan ini menjadi dewasa dengan cepat ketika mencapai kematangan seksual pada usia sekitar 3 hingga 4 bulan.

Molly berasal dari Amerika Utara bagian selatan, Meksiko. Mereka bekerja paling baik di lingkungan air tawar dan air asin, tetapi kebanyakan lebih menyukai suhu air antara 22 dan 27 derajat Celcius, dengan pH 6,5 dan 8. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan parameter air.

Ikan ini tumbuh dari 10 cm hingga 12 cm. Agar mereka tetap nyaman, Anda bisa menambahkan banyak tanaman air ke akuariumnya sebagai tempat persembunyian. Anda juga bisa menambahkan kerikil atau pasir ke dasar tangki.

Ikan ini pada dasarnya damai dan rukun dengan ikan lain. Namun, mereka mungkin menunjukkan tanda-tanda agresi saat dipelihara dengan pasangan yang agresif atau saat tangki terlalu penuh. Pastikan Anda menyimpannya di tangki yang lebih besar untuk mencegah segala bentuk agresi.

belum di rewrite

3. Tetra Mata Merah (Redeye Tetra)

Ikan Tetra Mata Merah

Tetra bermata merah, juga dikenal sebagai tetra bermata merah, adalah salah satu ikan berpenampilan paling cantik yang dapat Anda tambahkan ke tangki tetra glofish Anda. Sisiknya yang indah dan beraneka warna akan menonjol di akuarium mana pun. Mereka akan membuat tampilan yang menarik saat Anda menyimpannya dalam kelompok yang terdiri dari 6 orang atau lebih.

Ikan ini mudah dirawat dan ideal untuk pemula. Mereka adalah omnivora dan akan memakan semua makanan di dalam tangki, termasuk pakan serpihan dan makanan beku, tetapi membutuhkan makanan yang diperkaya vitamin untuk kesehatan secara keseluruhan. Tetra bermata merah menghabiskan sebagian besar waktunya di tengah tangki dan cenderung mengganggu ikan yang hidup di sana.

Redeye tetra berasal dari Brasil, Bolivia, Peru, dan Paraguay. Mereka mentolerir berbagai kondisi air, dari sedikit asam hingga basa keras.

Mereka akan tumbuh subur di air dengan suhu 22 hingga 27 derajat Celcius, dengan pH 5,5 hingga 8,5. Karena mereka berasal dari hutan lebat, pastikan Anda menyimpan akuarium dalam cahaya redup. Pastikan juga Anda menambahkan banyak tanaman dan substrat gelap ke tangki.

Kapasitas tangki minimal untuk ikan ini adalah 75 liter. Mereka tidak menyukai air yang mengalir deras; lalu miringkan filter untuk memastikan Anda menyingkir. Ikan ini hidup sekitar 5 tahun dan dapat tumbuh hingga 7,5 cm.

Ikan ini pada dasarnya damai dan merupakan spesies yang suka kebersamaan. Mereka suka berenang dalam kelompok yang terdiri dari 6 individu atau lebih. Pastikan Anda tidak memelihara mereka dengan teman seakuarium yang agresif atau terlalu aktif.

4. Harlequin Rasbora

Ikan harlequin rasbora

Harlequin rasbora adalah ikan air tawar kecil dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk ditambahkan ke akuarium komunitas Anda dengan glofish tetra. Mereka datang dalam berbagai warna seperti kemerahan mengkilap, oranye-coklat, dan merah muda.

Ikan ini mentolerir berbagai fluktuasi suhu air, menjadikannya ideal untuk pemula. Ukuran tangki minimum yang Anda butuhkan untuk menampung harlequin rasbora adalah 40 liter, tetapi Anda dapat menggunakan tangki yang lebih besar jika ingin memelihara lebih banyak ikan. Spesies ini hidup terutama di tengah akuarium dan hidup dengan baik di antara tanaman atau substrat kerikil.

Ikan ini berasal dari Malaysia, Thailand dan Singapura. Mereka adalah spesies yang kuat dan cepat beradaptasi dengan kondisi akuarium. Agar mereka berkembang, kondisi air harus diatur sedekat mungkin dengan habitat aslinya. Mereka melakukannya dengan baik di air dengan suhu 21 hingga 27 derajat Celcius dan pH 5 hingga 7. Jadi, pastikan Anda memiliki pemanas untuk mempertahankan suhu ini.

Ikan ini memiliki umur rata-rata 5 sampai 8 tahun, tergantung kondisi air, genetik induk, dan teman sekamar. Rasbora harlequin dewasa memiliki panjang minimal 5 cm, sehingga cocok untuk akuarium kecil.

Mereka adalah makhluk yang damai, spesies pelatihan alami dan melakukannya dengan baik dalam kelompok yang terdiri dari 8-10 individu. Meski kecil, ikan ini membutuhkan lebih banyak ruang untuk berenang dan bermain karena sangat aktif dan lincah.

Spesies ini juga pemalu dan suka bersembunyi. Pastikan tangki Anda memiliki banyak tanaman dan dekorasi untuk menyediakan tempat persembunyian ikan ini.

5. Sunset Thicklip Gourami

honey gourami

Sunset thicklip gourami adalah ikan Gurami berbibir tebal yang disaat matahari terbenam menjadi teman akuarium yang hebat untuk dipelihara di akuarium komunitas bersama glofish Anda. Ikan ini menjadi tambahan yang menarik untuk akuarium Anda karena tersedia dalam berbagai warna mulai dari coklat, oranye, emas, dan merah.

Ikan betina memiliki tubuh yang lebih lebar daripada jantan, meskipun warnanya kurang. Mereka adalah ikan yang kuat dan mudah dirawat. Ikan ini omnivora, artinya mereka bisa memakan apa saja yang menghalangi jalannya. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di kolom tengah atau atas tangki.

Gourami Sunset Thicklip berasal dari Asia Selatan dan lebih menyukai perairan yang bergerak lambat. Sebagian besar mereka menyukai air hangat, tetapi mereka juga fleksibel dan mentolerir berbagai fluktuasi. Ikan ini akan hidup nyaman di air dengan suhu 20 hingga 25 derajat Celcius dan pH 6,0 hingga 8,0. Mereka membutuhkan banyak tanaman yang mengapung di permukaan.

Banyak orang yang menyukai ikan ini karena dapat hidup cukup lama. Mereka memiliki umur rata-rata 4 sampai 7 tahun dengan perawatan yang lebih baik. Ukuran tangki minimum untuk ikan gurami fathead adalah 50-60 liter, tetapi mereka dapat disimpan dalam tangki yang lebih besar karena aktif. Panjangnya mencapai 10 cm.

Ikan ini pada dasarnya damai dan hidup dengan sangat baik di tangki komunitas mana pun. Mereka agak pemalu, terutama jika Anda menempatkan mereka dengan ikan yang suka mengganggu mereka.

Sunset Thicklip Gourami membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan tangki baru dan bekerja lebih baik dalam kelompok. Mereka terkadang menunjukkan perilaku hierarkis, tetapi mereka tidak agresif satu sama lain.

Manfaat Tankmate untuk Ikan Glofish

Ada beberapa manfaat jikan menambahkan teman tangki ke ikan glofish tetra Anda seperti yang dibahas di bawah ini:

Persahabatan

Tetra glofish adalah spesies suka berteman dan sosial. Mereka suka bergerak dalam kelompok 5 orang atau lebih. Oleh karena itu, menambahkan teman yang damai ke tangki Anda akan membantu menjaga perusahaan mesin terbang Anda.

Mengurangi stres

Glofish sangat aktif dan suka bermain. Menambahkan ikan lain kedalam tanknya akan memberinya mereka teman untuk diajak bermain dan berinteraksi. Ini akan membantu mengurangi kecemasan dan stres di dalam tangki.

Pastikan Anda tidak mengisi tangki terlalu penuh karena ini dapat menimbulkan tekanan. Juga, pastikan Anda hanya menambahkan aquarist yang damai untuk mencegah agresi yang dapat menyebabkan stres.

Peningkatan Kualitas Akuarium

Saat Anda menambahkan teman tangki ke glofish tetra Anda, Anda akan meningkatkan kualitas tangki. Jenis ikan yang berbeda akan membuat akuarium terlihat lebih indah. Ini juga akan meningkatkan nilai tangki ikan Anda.

Penutup

Memilih tankmate terbaik untuk ikan glofish tetra Anda tidak semudah yang dipikirkan banyak orang. Mereka pada dasarnya tenang dan ramah. Ikan ini hidup selaras dengan semua ikan damai lainnya. Tapi ketika Anda menempatkan mereka dalam situasi yang tidak nyaman, mereka bisa menjadi agresif.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Ikan yang Bisa Dicampur dan Di Jadikan Tankmate Dengan Ikan Glofish"

RajaBackLink.com