Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagu Ampar Ampar Pisang Beserta Lirik, Makna dan Not Angka

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Lagu Ampar Ampar Pisang Beserta Lirik, Makna dan Not Angka.

Siapa nih disini yang gak tahu sama lagu daerah yang berjudul Ampar Ampar Pisang ?

Kayaknya sih sobat ngalongpedia udah pada tau semua ya sama lagu daerah yang satu ini.

Yap lagu ampar ampar pisang adalah lagu daerah yang berasal dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan.

Lagu ini sangat populer loh di kalangan masyrakat terutama untuk anak anak ya. Bahkan lagu daerah yang satu ini juga sangat populer dan terkenal hampir ke seluruh penjuru negeri kita tercinta ini yaitu indonesia.

Lagu ampar ampar pisang ciptakan oleh Hamiedan AC dengan menggunakan bahasa daerah banjar kalimantan selatan. Anda juga bisa membaca tentang Lagu daerah lainya disini.

Makna Lagu Ampar Ampar Pisang

Pada awal nya lagu ampar ampar pisang ini di nyantikan oleh masyarakat kalimantan selatan saat membuat sebuah kue ciri khas daerah tersebut yang bernama "Rimpi".

Proses pembuatan kue tersebut dengan cara di mengampar pisang (ampar berarti di susun) yang kemudian pisang tersebut di diamkan hingga matang sampai pisang tersebut hampir busuk.

Setelah pisang matang, kemudian bahan bahan kue tersebut di jempur dengan cara di ampar di bawah terik sinar matahari hingg mengeras dan mengeluarkan aroma manis.

Lagu daearah ini menceritakna sebuah pisang yang di ampar yang kemudian pisang tersebut di datangi oleh sekelompok binatang kecil yang bertebangan karena mencium aroma pisang tersebut. Binatang ini di kenal dengan nama "Bari Bari" oleh masyarakat kalimantan.

Diakhir lagi kita di berikan lirik "Dikitip Bidawang" yang artinya digigit Biawak. Maknanya adalah untuk menakut nakutin anak kecil yang suka mengambil atau mencuri adonan kue rimpi (pisang yang di ampar tadi)

Lirik Lagu Ampar Ampar Pisang dan Not Angka

not lagu ampar ampar pisang
Not lagu ampar ampar pisang

Lirik lagu ampar ampar pisang karya seniman musik Hamiedan AC.

Ampar ampar pisang 
Pisangku balum masak 
Masak bigi dihurung bari bari 
Masak bigi dihurung bari bari

Manggalepak manggalepok 
Patah kayu bengkok 

Bengkok dimakan api 
apinya cang curupan
Bengkok dimakan api 
apinya cang curupan

Nang mana batis kutung Dikitipi dawang 
Nang mana batis kutung Dikitipi dawang

Penutup

Nah itulah tadi Lagu daerah Ampar Ampar Pisang ciptaan Hamiedan AC yang berasal dari banjar kalimantan selatan. Semoga lagu ini tetap di kenal oleh generasi muda kita dan tetap lestari oleh anak cucu kita semua.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Lagu Ampar Ampar Pisang Beserta Lirik, Makna dan Not Angka"

RajaBackLink.com