Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Umpan Ikan Gabus yang Mudah Didapatkan dan Paling Ampuh

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 10 Umpan Ikan Gabus yang Mudah Didapatkan dan Paling Ampuh.
Umpan Pancing Ikan Gabus Paling Ampuh

Ikan gabus merupakan jenis ikan predator yang habitatnya di air tawar, seperti sungai, rawa, danau atau parit. Daya adaptasi lingkungan yang baik membuat ikan ini mudah ditemukan.

Julukan ikan ini di luar negeri adalah Common Snakehead karena bentuk kepalanya yang menyerupai ular.

Ikan ini biasanya memangsa ikan-ikan kecil, serangga dan hewan air kecil lainnya seperti kecebong dan kodok. jadi jika kita ingin menangkapnya, kita bisa belajar membuat umpan yang tepat.

Meski bentuknya menakutkan, daging ikannya sangat enak dan gurih, serta mengandung banyak protein.

Ikan gabus diketahui kaya akan albumin yang merupakan protein penting bagi tubuh manusia dalam proses penyembuhan luka dan membantu dalam pengobatan berbagai penyakit.

Karena manfaat dan cita rasa tersebut, tak heran jika harga ikan gabus ini cukup mahal. Untuk itu, selain untuk dikonsumsi sendiri, para pemancing memanfaatkan ikan ini untuk dijual karena harganya yang menjanjikan.

Ikan ini sering merugikan masyarakat ketika memasuki tambak tambak karena dengan lahapnya memangsa ikan-ikan kecil.

Di Sulawesi dan Irian Jaya ikan ini dianggap sebagai pengganggu nomor 1 spesies karena sering memusnahkan spesies ikan asli di daerah tersebut.

Untuk mendapatkan ikan ini bisa dikatakan mudah dan sulit. Pasalnya, Anda harus mencari spot seperti rawa, sungai pedalaman yang jarang terjamah orang. Selain itu umpan yang cukup menjadi faktor utama keberhasilan mancing ikan ini.

Berikut ini 10 jenis umpan yang terbukti ampuh untuk mendapatkan ikan gabus.

1. Anak Kodok atau Katak

Umpan mancing menggunakan anak kodok
Pic pinterest.com

Katak atau anak kodok bisa dijadikan umpan ikan gabus karena sudah menjadi pakan alami ikan ini. Sifat aktif katak yang masih muda dapat dengan mudah menarik perhatian ikan gabus ini.

Anda bisa menggunakannya di danau atau di sawah, karena biasanya ikan gabus snakehead bersarang di sana. 

Cara membuat umpan dari hewan ini sangat mudah yaitu dengan memasang kail pada punggung dan ekor kodok atau katak. Hal ini agar gerak si kodok atau katak kecil bisa tetap aktif dan bertahan lebih lama.

2. Ulat Daun Pisang

Ulat pohon pisang untuk umpan mancing
Pic pinterest.com

Ulat ini biasa digunakan para pemancing sebagai umpan ikan air tawar, termasuk ikan gabus. Karena ukurannya yang kecil dan gerakannya yang aktif, ulat ini termasuk jenis umpan yang efektif untuk mancing ikan gabus. 

Ulat ini juga tidak mudah mati meski berada di dalam air dan cenderung berpindah-pindah, serta aroma cairan dalam isi perutnya dapat memancing ikan gabus untuk mendekat dan kemudian memburu ulat ini. Umpan jenis ini sangat bagus digunakan di perairan seperti danau, sungai bahkan selokan.

3. Cacing

Pic pinterest.com

Bau amis yang khas dari cacing ini terbukti paling ampuh menangkap ikan gabus, dan cacing juga sangat mudah ditemukan. Jenis cacing yang biasa digunakan antara lain cacing tanah merah, cacing sawah, cacing kalung, dan berbagai jenis lainnya.

4. Jangkrik

Pic pinterest.com

Jangkrik juga sangat bagus untuk umpan pancing ikan gabus sebab jangkrik juga memiliki bau yang menyengat saat cairan di tubuhnya keluar, sehingga bisa menarik perhatian ikan gabus untuk memburunya. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengait jangkrik dengan kail yang sudah dibersihkan sayap dan bulunya dan umpan jangkrik siap di bawa.

5. Ikan Kecil

Pic pinterest.com

Ikan gabus merupakan ikan predator, jadi anda bisa menggunakan ikan kecil sebagai umpan. Apalagi jika gabus lapar, ia tidak segan-segan menyambar umpan kecil ini dengan rakus. Ikan kecil yang biasa digunakan antara lain serealia, ikan mas kecil, ikan mujair kecil dan ikan kecil lainnya

6. Belalang

Pic pinterest.com

Belalang memiliki warna hijau mencolok dan aroma yang dapat menarik perhatian seekor gabus. Caranya dengan melepas sayap terlebih dahulu lalu mengaitkan tubuh belalang ke kail pancing

7. Coro atau Kecoa

Pic pinterest.com

Serangga ini biasanya ditemukan di tepi bebatuan di sekitar rumah atau kandang hewan, serta di tempat-tempat yang bau dan debu tanah. Jenis coro yang bisa Anda gunakan berwarna coklat kemerahan sebagai umpan gabus yang bagus

8. Cicak

Pic pinterest.com

Cicak pun tak luput menjadi umpan ikan gabus yang bagus. Caranya dengan membakar terlebih dahulu daging biawak sebelum dijadikan umpan. Hal ini untuk menciptakan aroma daging bakar yang mampu memikat ikan gabus untuk mendekat.

9. Orong Orong (Ga'ang)

Hewan ini memiliki reputasi besar di kalangan pemancing. Cara mendapatkannya agak sulit, yaitu di sawah atau lahan kering. Meski sulit didapat, tingkat keberhasilan mendapatkan ikan gabus sangat tinggi. Oleh karena itu, hewan ini sangat cocok sebagai umpan

10. Umpan Buatan

Pic google.com

Alternatif terakhir adalah menggunakan umpan buatan yang terbuat dari karet. Biasanya umpan ini menyerupai binatang yang biasa dijadikan umpan, seperti kodok, ikan dan lain-lain. 

Cara penggunaan pakan ini sama dengan mancing biasa, tinggal lempar umpan buatanya ke sasaran, dan jika sudah kena target, pancing dipancing. Seperti yang Anda lihat, metode ini sering berhasil.

Nah itulah 10 jenis umpan yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus atau channa versi ngalongpedia.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "10 Umpan Ikan Gabus yang Mudah Didapatkan dan Paling Ampuh"

RajaBackLink.com