Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Makanan Ikan Gabus Supaya Cepat Besar

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul Jenis Makanan Ikan Gabus Supaya Cepat Besar.

Ikan gabus tergolong jenis ikan yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal jika dipelihara dengan tekun oleh sesama pembudidaya. Trik membuat ikan gabus mahal adalah dengan memperhatikan makanan ikan gabus.

Biaya budidaya ikan gabus lebih murah dibandingkan dengan budidaya lele dan nila, namun harga jualnya justru lebih tinggi. Ikan gabus tidak perlu makan banyak agar bernilai tinggi, namun jenis pakan ikan gabus harus kaya gizi. 

Dibawah ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang pakan ikan gabus dan cara pemberian pakan ikan gabus.

Makanan Ikan Gabus Supaya Cepat Besar

Trik agar ikan gabus bernilai jual tinggi adalah dengan memperhatikan makanan ikan gabus. Berikut ini daftar lebih lengkap tentang makanan ikan gabus.
Pic pinterest.com

Entah itu ikan gabus yang bisa dimakan atau sebagai ikan hias, kedua jenis ikan ini akan mendapatkan manfaat yang paling banyak asalkan benar-benar memperhatikan cara pemberian pakannya.

Jika ikan gabus bisa dimakan, maka perlu diperhatikan saat memberi makan ikan gabus, agar ikan gabus tumbuh dengan cepat dan bobotnya proporsional.

Sedangkan untuk ikan gabus yang dipelihara atau dijadikan ikan hias untuk hobi perlu diperhatikan pemberian pakannya agar warna tubuh ikan gabus lebih pekat dan terlihat lebih mendominasi dan garang.

Selain itu, ikan gabus membutuhkan protein sebagai nutrisi yang baik untuk membantu pertumbuhan ikan gabus menjadi besar dan berat badan normal. Berikut jenis makanan ikan gabus.

1. Pelet

Jenis pakan ikan gabus yang pertama adalah pelet ikan yang mudah ditemukan di toko-toko ikan. Pelet ikan gabus buatan harus mengandung protein lebih dari 30 persen yang terdiri dari tepung darah, tepung ikan, kepala udang, sisa tahu, dan masih banyak lagi.

Meskipun pelet ikan sudah mengandung protein di atas 30 persen, Anda tetap perlu memberikan makanan ikan gabus lain yang tinggi protein agar asupan protein Anda lebih optimal.

Pasalnya, ikan gabus membutuhkan pakan yang kaya akan protein hewani. Sistem pencernaan ikan gabus dirancang untuk menyerap sari makanan hewani.

Jika ikan gabus yang dibudidayakan ditangkap langsung dari rawa atau sungai, jangan langsung memberikan pakan dengan pelet karena ikan tidak akan mau memakannya.

2. Cacing Sutera

Cacing sutera atau tubifex Sp merupakan pakan ikan gabus yang kaya akan protein. Sebaiknya bibit ikan gabus rutin diberi pakan cacing sutera agar cepat besar.

Pemberian bibit ikan gabus dengan pelet buatan pabrik memang bisa membuat tubuh anakan ikan ini cepat besar, meski demikian besar kecilnya akan jauh berbeda dengan bibit yang diberi pakan cacing sutera.

Jika bibit ikan gabus rajin diberi pakan ulat sutera, bobotnya bisa 4 sampai 5 kali lebih besar dari benih ikan gabus yang diberi pakan ikan gabus berupa pelet buatan.

Namun, Anda perlu menyediakan biaya pakan ikan gabus lebih banyak karena harga ulat sutera cukup mahal. Anda bisa mengakalinya dengan memberikan cacing sutra hanya pada bibit ikan gabus.

Sedangkan untuk ikan gabus yang sudah tua, pakan ikan gabus caciing sutera bisa dijadikan makanan ikan gabus tambahan. Artinya, Anda hanya sesekali memberikan ulat sutera kepada ikan gabus.

3. Ikan Runcah

Anda lebih baik menyajikan makanan ikan gabus dengan ikan rucah daripada dengan pelet yang diproduksi pabrik. 

Ikan rucah lebih murah dari pelet buatan pabrik, tapi kaya protein seperti ulat sutera.

Namun, ikan rucah sulit ditemukan. Ikan rucah sering dijual di pelelangan ikan di dekat Fisherman's Wharf.

Jika Anda bercocok tanam di dekat tempat tersebut, tidak ada salahnya menggunakan ikan rucah sebagai makanan utama ikan gabus.

4. Ikan Kecil

Selanjutnya pakan ikan gabus berprotein tinggi yang dianjurkan adalah ikan atau hewan kecil yang bisa ditempatkan di kolam air tawar dengan ikan gabus. Dengan demikian, Anda bisa membiakkan ikan gabus dan ikan kecil di kolam alami yang sama.

Secara tidak langsung, Anda membudidayakan ikan-ikan kecil sebagai makanan utama ikan gabus. Misalnya ikan wader atau ikan cethul yang keduanya berukuran kecil dan hidup di air tawar.

Pada saat yang sama, hewan kecil lainnya yang dapat dibesarkan di tangki air tawar, seperti kepiting, udang air tawar, atau siput.

5. Udang

Saat nafsu makan ikan gabus berkurang, udang bisa dijadikan makanan alternatif. Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan udang sebagai makanan pokok ikan gabus. 

Sebaiknya udang digunakan sebagai pakan tambahan atau alternatif pakan ikan gabus.

mengapa demikian? Karena harga udang cukup mahal, hal ini meningkatkan biaya operasional, terutama dalam hal pasokan pakan ikan gabus.

Oleh karena itu, sebaiknya pemberian pakan ikan gabus hanya sekali dalam jangka waktu tertentu atau saat nafsu makan ikan berkurang.

6. Cacing Tanah

Anda bisa memberikan pakan ikan gabus berupa cacing tanah. Mengingat habitat asli ikan gabus adalah rawa atau sungai berlumpur, maka ikan gabus biasa memakan cacing tanah.

Namun meskipun kandungan protein cacing tanah sangat tinggi, dan kandungan protein yang dibutuhkan oleh ikan gabus sangat tinggi, ada baiknya menjadikan cacing tanah sebagai makanan pendamping aja.

Anda bisa menggunakan pelet buatan sebagai makanan utama dan cacing tanah sebagai makanan tambahan.

7. Siput

Makanan ikan gabus yang direkomendasikan selanjutnya adalah Siput yang hidup di tanah lembab. Siput mengandung nutrisi yang baik dan dapat mempercepat pertumbuhan ikan gabus.

Cara pemberian pakan bekicot adalah dengan memisahkan cangkang Siput dengan dagingnya. Selanjutnya daging bekicot dipotong kecil-kecil dan disebarkan di kolam ikan gabus.

8. Keong Sawah

Keong sawah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan dapat membantu pertumbuhan ikan gabus. 

Anda yang tinggal di dekat sawah dapat menjadikan keong sawah sebagai alternatif makanan tambahan untuk ikan gabus.

Baik ikan gabus remaja maupun ikan gabus dewasa, semua jenis ikan gabus dapat mengkonsumsi keong sawah sebagai makanan tambahan karena khasiat dan nilai gizinya.

Caranya adalah dengan memisahkan cangkang dari daging bekicot kemudian daging tersebut dipotong kecil-kecil atau dicincang. Setelah selesai, Anda bisa meletakkan daging keorng sawah di kolam.

9. Kutu Air

Kutu air dapat dijadikan makanan untuk ikan gabus kecil atau ikan gabus remaja. Pasalnya, kutu air mengandung protein yang cukup tinggi, yakni sekitar 41 persen. 

Dengan kadar protein yang cukup tinggi dapat mengoptimalkan pertumbuhan benih ikan gabus sehingga cepat tumbuh.

Ukuran kutu air yang cukup kecil menarik perhatian benih ikan gabus sehingga ikan dapat dilatih untuk memburunya.

10. Bekicot

Selain keong sawah, bekicot juga bisa anda jadikan sebagai pengganti makanan ikan gabus lainnya. Nutrisi yang terkandung dalam bekicot hampir sama dengan bekicot. 

Oleh karena itu, saat memberi makan ikan gabus dengan bekicot, bekicot bisa ditambahkan.

Cara Memberi Makan Ikan Gabus yang Benar

Di habitat aslinya, ikan gabus tergolong ikan predator yang memangsa hewan hewan yang hidup di air tawar atau penghuni sungai lainnya.

Beberapa di antaranya adalah ikan, udang, katak, dan cacing. Ikan gabus pandai berkamuflase di perairan dan perlahan mendekati mangsanya.

Sedangkan ikan gabus yang berasal dari perairan pulau Sumatera dan Kalimantan, terutama ikan gabus dari sana biasa mengonsumsi makanan ikan yang enak berupa pelet yang kandungannya sebanyak 30 persen protein.

Karena sifat alaminya sebagai predator dan kanibal, jangan sampai dosis pakan ikan gabus anda turun karena ikan gabus bisa saja memangsa spesies lain, apalagi jika ada benih ikan gabus, benih tersebut bisa saja menjadi mangsa ikan gabus.

Pemberian pakan dianjurkan dua sampai tiga kali sehari, dosis disesuaikan dengan jumlah ikan gabus yang ada di dalam kolam. Idealnya, pakan ikan gabus adalah 5 persen dari berat biomassa per hari.

Dengan kata lain, semakin banyak ikan gabus di dalam kolam maka semakin banyak makanan yang harus tersedia, begitu juga sebaliknya jika jumlah ikan gabus sedikit. Waktu terbaik untuk memberi makan ikan adalah pagi, siang dan sore hari.

Penutup

Nah itulah tadi beberapa jenis makanan yang baik untuk perkembangan ikan gabus agar cepat besar dan bisa di jual dengan harga yang mahal.

Sekian artikel dari ngalongpedia semoga dengan adanya tulisan ini, para pembudidaya merasa terbantu dan merasakan manfaat yang sudah saya berikan Aminnnn.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "Jenis Makanan Ikan Gabus Supaya Cepat Besar"

RajaBackLink.com