Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Menggemaskan

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Menggemaskan.
Berikut jenis jenis kucing peliharaan yang menggemaskan, lucu, keren dan manja yang bisa kalian peliahra di rumah
Foto Lil Cat via Pinterest.com

Bagi kamu pecinta binatang pasti tahu hewan peliharaan yang satu ini. Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer yang dianggap sebagai hewan peliharaan penyayang. 

Wajahnya yang imut dan menggemaskan membuat kucing sangat digandrungi sebagai hewan peliharaan. Kucing juga merupakan hewan peliharaan yang mudah dirawat dan mudah ditemukan selain itu ada beragam jenis kucing yang ada di dunia ini salah satunya kucing anggora, tak hanya itu ngalongpedia akan memberikan nama nama jenis kucing dan beserta gambarnya.

Scientificamerican juga mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa kucing sebenarnya belajar mengeluarkan suara mengeong untuk menarik perhatian manusia. 

Suara mengeong seolah-olah menandakan bahwa kucing tersebut bersedia mengajak pemiliknya bermain bersama atau untuk meminta perhatian. Jadi, kucing ini sangat cocok untuk dijadikan teman bermain hewan peliharaan Anda. Sebelum itu kalian wajib mengetahui dulu jenis kucing dan sifatnya agar kucing kalian bisa akrab dan jinak kepada kalian.

Tertarik memiliki kucing? Sebelum memutuskan untuk membeli kucing, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kucing dan kisaran harganya.

Klik gambar untuk melihat produk

16 JENIS KUCING BESERTA HARGANYA

Karena perkembangbiakan kucing silangan makin marak, alhasil jenis kucing semakin banyak. Inilah sebabnya mengapa ada banyak jenis kucing yang tersedia sebagai hewan peliharaan. 

1. Kucing Domestik

Kucing kampung berwarna oren atau kucing barbar oyen si barbar
Foto Kucing Oren / Oyen Barbar via Pexels.com

Kucing domestik mungkin adalah spesies kucing yang paling umum. Kucing domestik ini lebih dikenal dengan sebutan kucing kampung. Kucing domestik juga merupakan kucing yang mudah dipelihara. Kucing domestik juga tidak memerlukan perawatan khusus yang sama seperti ras kucing lain yang memiliki karakteristik unik. Jadi Anda tidak perlu repot menyiapkan banyak hal untuk kucing jenis ini.

2. Kucing Anggora

Kucing anggoran berwarna putih atau  biasa di kenal dengan turkish angora
Foto Kucing Anggora yang sedang berlari via Pinterest.com

Banyak orang masih kesulitan membedakan antara kucing Angora dan Persia, padahal keduanya berbeda. Bulu yang lembut, panjang, dan lebat dapat membuat kucing Angora sulit dibedakan dari kucing Persia. Jika kucing persia gemuk, berbeda dengan kucing anggora yang ukurannya cenderung lebih kurus.

Kucing anggora dicirikan oleh kepala yang berbentuk segitiga, bulu yang tebal seperti singa, dan hidung yang lebih mancung dibandingkan jenis kucing lainnya. Leher berbulu panjang juga merupakan fitur yang tidak dapat ditransfer oleh kucing Angora. Itulah yang membuat kucing ini sangat lucu.

Cara merawat kucing jenis ini tidak jauh berbeda dengan merawat kucing persia. Karena bulunya yang tebal dan panjang, pemiliknya harus rajin memperhatikan bulu dan merawatnya. Kucing anggora biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal sekitar 1 jutaan hingga 2 jutaan.

3. Kucing Persia

Kucing persia lucu dan menggemaskan untuk teman di rumah anda
Foto Kucing Persia lagi rebahan via Unsplash.com

Kucing Persia menjadi kucing asing pertama yang didatangkan ke Thailand. Kucing ini juga merupakan salah satu ras kucing peliharaan yang paling populer di dalam dan luar negeri. Kucing Persia memiliki kepala dan dahi yang lebar dan bulat dengan ujung telinga yang membulat. Bentuk ekornya pendek dan kakinya pendek.

Ramah dan mudah bergaul, orang Persia adalah teman bermain yang hebat. Kucing ini juga jinak, ramah, santai, ceria, dan cerdas. Wajahnya yang lucu dan unik membuat kucing persia menjadi pilihan utama para pecinta kucing.

4. Kucing Ragdoll

Kalo kamu pengen hewan peliharaan yang cantik dan menggemaskan mungkin kucing ragdoll bisa menjadi salah satu pilihan terbaik
Foto Kucing Ragdoll sedang ngeliain kamu via Unsplash.com

Ragdoll adalah jenis kucing dari Amerika Serikat yang namanya di ambil dari tingkah lakunya yang jinak seperti boneka. Anda mungkin sering menemukan kucing ragdoll ini manja dan tergantung di tangan pemiliknya seperti ragdoll.

Ciri fisiknya hampir identik dengan ras Persia dan Siam, dari mata biru hingga wajah bulat dan pipi. Dadanya lebar dan berotot, dengan tulang kaki yang kuat dan tengkorak yang besar. Kucing jenis ini memiliki sifat yang tenang, santai dan sangat penyayang. Ragdoll suka diam, tetapi tetap senang berada di sekitar orang.

Pemilik kucing seperti itu harus rajin menyikat dan memiliki tempat kotoran kucing yang besar untuk mereka mainkan. Kucing Ragdoll adalah kucing yang suka bermain dan suka bertualang. Kucing tersebut biasanya dijual dengan harga mulai dari 3 juta hingga 10 juta.

5. Kucing Siam

selain menggemaskan kucing siam juga ternyata kucing yang keren banget
Foto Kucing Siam yang ngajak kamu rebahan via Unsplash.com

Kucing siam adalah jenis kucing oriental yang populer di Thailand dan paling terkenal dari semua kucing ras. Di negara asalnya, kucing siam dikenal sebagai "Kucing Kerajaan Siam". Kucing Siam ditemukan sekitar tahun 1350-an di Ayhuda, kota kuno Siam Bouma. Kucing siam pertama kali muncul di Australia pada tahun 1890 dan telah menjadi salah satu ras kucing peliharaan yang paling populer.

Ada 3 jenis kucing Siam, yaitu Siam Klasik, Siam Tradisional, dan Siam Modern. Kucing ini dicirikan oleh tubuh ramping, ekor panjang, mata biru, bulu pendek, dan bintik-bintik gelap pada wajah, telinga, ekor dan kaki.

6. Kucing Maine Coon

KAmu pengen memelihara hewan yang anggun dan cantik, mungkin kucing maine coon bisa jadi pilihan terbaikmu
Foto Kucing Maine Coon pas lagi ngeliat ayang via Unsplash.com

Maine Coon adalah jenis kucing terbesar dari semua kucing domestik. Berat rata-rata kucing Maine Coon adalah 15 kg. Maine Coon cukup kuat untuk bertahan hidup di iklim ekstrem. Kucing ini dicirikan oleh bulu yang tebal dan halus, mata yang besar dan cakar yang besar.

Trah Maine Coon berasal dari Amerika Utara, tepatnya dari nergara maine. Maine Coon adalah hasil persilangan antara kucing domestik berbulu pendek dan kucing asing berbulu panjang. Ada juga yang mengklaim bahwa kucing Maine Coon adalah hasil persilangan antara kucing dan rakun.

Sifatnya yang jinak dan menyenangkan membuat Maine Coon menjadi hewan peliharaan banyak orang. Kucing ini juga sangat setia pada pemiliknya. Untuk Maine Coon umur 3-4 bulan, harganya bisa sampai 8 juta.

Pet hair remover alat pencukur dan pembersih bulu untuk kucing dan anjing peliharaan
Klik gambar untuk melihat produk

7. Kucing Sphynx

Foto Kucing Sphynx lagi mikirin babunya via Unsplash.com

Sphynx adalah kucing yang unik karena hampir tidak memiliki bulu. Di Australia, Sphynx adalah satu-satunya kucing yang diketahui tidak memiliki bulu. Namun sebenarnya kucing ini memliki bulu yang sangat pendek, hampir seperti kulit. Uniknya, sphinx juga merupakan satu-satunya kucing yang memiliki kelenjar keringat. Karena keunikan tersebut, kucing Sphynx diburu oleh para pecinta kucing.

Kucing ini memiliki tubuh yang memanjang dengan telinga berbentuk segitiga, kulit dahi yang berkerut, dan dada yang kokoh. Bentuk ekornya kecil dan panjang, dan beberapa kucing jenis ini memiliki kumis. Kucing Sphinx memiliki sifat yang penuh kasih sayang, dan rukun dengan hewan peliharaan lainnya.

Untuk meerawat kucing ini harus dimandikan secara rutin agar bulunya tetap sehat. Ini karena kulit Sphynx harus tetap dingin oleh kelenjar keringat. Jika Anda ingin mengadpsi kucing ini, anda bisa membeli kucing jenis ini dengan harga mulai dari 14 juta hingga puluhan juta.

8. Kucing Bengal

kucing ini bisa jadi pilihan mu selanjutnya, karena kucing ini memiliki corak dan warna tubuh yang unik cocok sekali jika jadi koleksi peliharaan kalian
Foto Kucing Bengal pas lagi marah karena kamu gibahin via Unsplash.com

Kucing Bengal sebenarnya adalah campuran dari berbagai jenis kucing seperti Abyssinian, American Shorthair, Burma, Mesir, dan kucing macan tutul Asia. Kucing Bengal bahkan termasuk dalam keluarga yang sama dengan macan tutul. Anda tidak perlu khawatir, karena kucing ini jinak dan sangat ramah sebagai hewan peliharaan.

Bengal adalah kucing yang unik karena merupakan satu-satunya kucing dengan bintik-bintik seperti keturunan langsungnya. Sifatnya yang kasar, aktif, dan suka bermain dapat membuat pemiliknya kewalahan. Jadi jika Anda tertarik untuk memelihara kucing jenis ini, Anda harus siap menghadapi perilakunya. Jenis kucing ini bahkan sangat cerdas dan mudah dilatih sesuai perintah. Harga kucing bengal sangat fantastis mulai dari 10 jutaan. Untuk tipe campuran dibandrol dengan harga 3 jutaan.

9. Kucing Munchkin

kucing munchkin merupakan jenis kucing kerdil yang sangat menggemaskan dan sangat bersahabat dnegan pemiliknya
Foto Kucing Munchkin pengen di manja kamu via Unsplash..com

Kucing Munchkin memiliki ukuran yang unik, walaupun sudah dewasa namun tubuhnya kecil. Kakinya pendek dan kecil. Kucing sangat pendiam dan dimanjakan oleh alam. Kucing Munchkin sangat bagus sebagai hewan peliharaan yang lucu. Munchkins asli berharga hingga 6 juta, sementara hibrida mulai dari 900.000.

10. Kucing Russian Blue

kucing ini menjadi hewan peliharaan yang banyak di pelihara oleh cat lover
Foto Kucing Russian Blue pas lgi kangen ayang via Unsplash.com

Kucing biru Rusia ini berasal dari kawasan pelabuhan Arkhangelsk, Rusia. Kucing ini memiliki bulu yang elegan dan mata hijau yang berkilauan. Bulu Russian Blue sangat berbeda dari ras kucing lainnya, warnanya biru keperakan, pendek, tebal, dan sangat halus.

Dengan fitur elegan, Russian Blue adalah hewan peliharaan yang mewah dan agung. Hal ini juga mempengaruhi harga ras kucing, yaitu $39 juta. Sementara itu, harga kucing hibrida Rusia biru sekitar 900.000.

11. Kucing British Shorthair

Foto Kucing British Shorthair pas lagi santuy via Unsplash.com

British Shorthair adalah jenis kucing peliharaan yang ideal karena ukurannya yang sempurna. Kucing ini memiliki bulu yang unik dan halus, mata yang besar dan kepala yang bulat. Bahkan kucing British Shorthair mudah dirawat.

British Shorthairs dikenal sebagai ras kucing Inggris tertua dan karena kecakapan berburu mereka. Mereka menyukai kedamaian dan ketenangan, itulah sebabnya mereka sering disebut kucing mandiri. British Shorthair asli bisa dibandrol dengan harga 8 jutaan, tapi kamu bisa mendapatkan ras campuran dengan harga mulai dari 800.000.

Penampilan dan perilaku menggemaskan juga datang dengan tanggung jawab besar untuk merawat kucing. Temukan panduan ideal untuk pemilik kucing peliharaan Anda dalam buku solusi masalah kucing di bawah ini.

12. Kucing American Shorthair

Foto Kucing American Shorthair pas poto box via Pinterst.com

American Shorthair adalah salah satu kucing peliharaan yang paling populer karena warna perak dan pola marmernya yang khas pada bulunya. Sekarang ada 60 warna bulu pada jenis American Shorthair. Ciri-ciri fisiknya besar, seimbang, dengan kaki pendek dan lurus.

American Shorthair berasal dari benua Eropa dan mulai berkembang biak di Amerika Serikat hingga saat ini kucing tersebut dikenal dengan nama American Shorthair. Kucing ini ceria, ramah, tenang dan pandai berburu. Kucing American Shorthair mulai dari 2 juta.

13. Kucing Scottish Fold

Kucing lucu yang jadi inceran cat lover
Foto Kucing Scottish Fold pas kangen ayang via Pinterest.com

Scottish Fold adalah kucing yang dikenal karena ciri fisiknya yang khas, bentuk telinganya yang terlipat. Kelucuan kucing ini dilengkapi dengan matanya yang besar, wajah burung hantu dan tubuhnya yang bulat. Pada tahun 1961, seorang petani menemukan Scottish Fold pertama di Skotlandia. Jenis kucing ini kemudian dibiakkan dan Scottish Fold sekarang menjadi hewan peliharaan paling populer.

Kebiasaan alami kucing ini adalah bersikap sopan, penurut, dan sangat penyayang. Harga untuk Jeis Kucing Scottish Fold mulai dari 6 juta, sementara ras campuran mulai dari 2 juta.

14. Kucing Balinese

Foto Kucing Balinese pas kangen ayang via Pinterest.com

Kucing Bali memiliki tubuh yang panjang karena berasal dari keluarga kucing oriental seperti kucing siam. Bulu kucing bali panjang dan tebal pada tubuhnya yang ramping. Pecinta kucing akan menyukai bulunya yang indah, dan mata birunya yang berbentuk almond menambah keseruan kucing ini.

Kucing Bali memiliki kepribadian yang lincah dan ceria serta setia kepada pemiliknya. Tampilannya yang elegan tetap membuatnya terlihat dimanjakan, karena suka berpelukan dan duduk di pangkuan pemiliknya. Harga seekor kucing Bali sekitar 4 jutaan.

15. Kucing Japanese Bobtail

Foto Kucing Bobtail via Pinterest.com

Japanese Bobtail adalah kucing yang unik karena bentuk ekor nya bunder. Kucing ini juga berasal dari Jepang, karena namanya sudah ada di negara tersebut sejak ribuan tahun yang lalu. Kucing ini memiliki tubuh yang kuat, aktif, suka berinteraksi dan memiliki suara yang merdu. Bahkan ada cerita beberapa pemilik kucing seperti itu mendengar kucing bernyanyi.

Japanese Bobtail merupakan kucing yang cocok sebagai hewan peliharaan karena kucing ini mudah beradaptasi dengan lingkungan dan hewan peliharaan lainnya. Jika kamu tertarik untuk beternak Japanese Bobtail, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, seperti tempat bermain kucing yang interaktif. Harga Japanese Bobtail antara 7 jutaan hingga 10 jutaan. Itu tergantung pada usia dan ukuran kucing.

16. Kucing Singapura

Foto Kucing Singapura yang salting di liatin kamu via Wikipedia.org

Dinamakan “Singapore Cat” karena ras kucing cantik ini berasal dari jalanan Singapura saat itu. Trah kucing ini adalah kombinasi dari kucing dua corak ticked-coated dengan kucing warna coklat tua di Asia Tenggara. Tubuh kuing ini ditandai dengan rambut kecil, pendek dan mata merah tua, hijau atau kuning. Dan warna bulunya yang khas menyerupai cougar.

Kucing Singapura memliki sifat yang ceria, selalu ingin tahu, dan suka bermain, tetapi tidak akan sampai menghancurkan benda-benda di sekitarnya. Kucing ini juga pintar dan interaktif, jadi cocok dijadikan heawan peliharaan. Kisaran harga kucing singapore cukup mahal, mulai dari 18 jutaan hingga 50 jutaan.

Nah, itulah beberapa jenis kucing terpopuler yang menjadi hewan peliharaan favorit para pecinta kucing. Setiap jenis kucing pasti memiliki pengalaman cerita tersendiri. Itu karena pada dasarnya setiap kucing memiliki sifat dan ciri khasnya masing-masing.

Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Menggemaskan"

RajaBackLink.com