Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Ikan yang Cocok Di campur dan Di Jadikan Tankmate dengan Ikan Louhan

NGALONGPEDIA.COM - Pada kesempataan kali ini kita akan membahas artikel berjudul 15 Ikan yang Cocok Di campur dan Di Jadikan Tankmate dengan Ikan Louhan.
Sumber foto: Pinterest.com

Bagi yang mencari ikan besar berwarna-warni, Ikan louhan selalu menjadi pilihan yang tepat. Kombinasi warna-warna cerah, pola tanda yang tidak biasa, dan komposisi tubuh yang unik memberikan penampilan tropis yang khas pada ikan ini.

Ikan louhan dicirikan oleh perilaku agresif dan tangguh, ini berlaku untuk ikan louhan jantan. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan terlebih dahulu spesies mana yang akan dicampur dalam akuarium dengan ikan louhan.

Jika ditempatkan dengan ikan dengan ukuran yang sama atau bahkan sedikit lebih besar, tidak akan ada konflik di antara mereka. Namun, ikan louhan harus ditemani oleh ikan dengan sifat serupa, agresif atau semi-agresif.

Daftar Isi

Berikut 15 jenis ikan yang bisa di jadikan tankmate dan gabungkan dengan ikan louhan.

1. Pacu

Ikan pacu adalah jenis lain yang tampak tidak biasa yang dapat menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium Anda. Mereka berasal dari sungai Amerika Selatan dan ada berbagai spesies ikan pacu untuk dipilih. Yang membuat mereka unik adalah mereka memiliki gigi yang mirip dengan kita.

Di habitatnya ikan pacu memiliki berat hingga 25kg. Mereka sangat aktif untuk melakukan perjalanan jarak jauh untuk mencari makanan. Tidak seperti ikan piranha, yang karnivora dan memiliki gigi lebih tajam, ikan pacu adalah ikan pemakan tumbuhan dan daging alias omnivora.

2. Oscar

Ikan Oscar adalah ikan yang bisa berenang dengan anggun sepanjang hari asalkan tidak menabrak ikan kecil di akuarium. Ketika ini terjadi, Oscar akan segera menjadi agresif, melahap mangsanya. Karena itu, Oscar tidak boleh dicampur dengan ikan kecil di akuarium.

Ikan Oscar harus memiliki wilayah sendiri, oleh karena itu perlu ruang yang cukup untuk berenang sendiri. Mereka menjadi sangat agresif saat kawin, yang berarti mereka akan menyerang ikan lain yang menghalangi jalan mereka.

Oscar adalah ikan yang sulit berteman dengan ikan lain. Mereka adalah omnivora, yang membuatnya mudah untuk diberi makan. Alasan utama orang menyukai jenis ini adalah bentuk dan kombinasi warnanya yang unik. Tentu saja, selama mereka hidup dalam kondisi yang tepat, perilaku dan pola kepribadian mereka juga menarik.

3. Midas Cichlid (Red Devil)

Midas Cichlid memiliki tubuh oval dengan dahi menonjol yang menyerupai louhan. Betina biasanya memiliki punuk yang lebih kecil di kepala mereka, yang membuat mereka mudah dibedakan dari jantan. Padahal, benjolan di kepala betina hanya muncul saat musim kawin di habitat aslinya. Tapi di akuarium, benjolan itu selalu ada. Untungnya, ini tidak memiliki efek negatif pada ikan.

Midas adalah omnivora dan mereka juga cenderung memakan ikan yang lebih kecil. Karena itu, disarankan untuk menggabungkannya dengan pendamping akuarium dengan ukuran yang hampir sama.

Perpaduan warna jingga cerah dengan kuning dan putih membuat cichlid ini sangat diminati dan disukai para pecinta ikan hias. Midas juga merupakan varietas penting dalam perkembangan louhan. Mereka membutuhkan akuarium besar untuk hidup dengan nyaman. Mereka hanya menjadi agresif ketika ikan lain menyerang wilayah mereka.

4. Jaguar Cichlid 

Jaguar cichlids adalah tambahan yang bagus untuk akuarium apa pun. Mereka memiliki temperamen yang sangat agresif dan merupakan predator yang tidak dapat diabaikan. Jaguar cichlid juga merupakan ikan yang cukup besar untuk dipelihara dan membutuhkan akuarium besar untuk hidup dengan baik.

Mereka memiliki bintik-bintik hitam kecil di seluruh tubuh mereka, latar belakang perak, dan kuning keemasan di sekitar kepala mereka. Ada juga bintik hitam vertikal besar di samping satu sama lain, mulai di sebelah mata dan berakhir di ekor; sangat mirip dengan jaguar aslinya.

Satu-satunya cara untuk mencampur jaguar cichlids adalah dengan menambahkan ikan agresif lainnya ke dalam akuarium. Mereka pasti tidak menyerang ikan besar lainnya. Penting untuk menghindari menempatkan tanaman di dalam tangki karena mereka akan merobeknya dalam waktu singkat. Ornamen besar dan kokoh lebih disarankan.

5. Wolf Cichlid (Parachromis Dovii)

Cichlids serigala adalah salah satu ikan paling agresif yang dapat ditambahkan ke akuarium louhan. Tidak banyak spesies ikan yang bisa hidup bersamanya di akuarium yang sama. Apa yang membuatnya menjadi pilihan yang bagus adalah pola dan warna tubuhnya yang menarik.

Cichlids serigala memiliki mulut besar, bibir tebal dan dahi menonjol. Mereka biasanya memiliki tubuh belang-belang yang khas dengan latar belakang perak atau emas. Memiliki warna hijau dan merah di sekitar kepalanya, sedangkan sirip dan ekornya berwarna hijau dan biru.

Sangat mudah untuk membedakan cichlid serigala jantan dan betina karena betina hampir seluruhnya berwarna kuning. Salah satu ciri utama dari jenis ini adalah mereka suka bermain dengan dekorasi favorit mereka. Mereka akan memakan makanan apa pun yang disiapkan untuk karnivora air tawar.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Ikan Louhan Srd

6. Acara Cichlid (Electric Blue Acara)

Karena acara cichlids bersifat teritorial dan semi-agresif, mereka tidak menunjukkan belas kasihan pada ikan yang lebih kecil. Cepat atau lambat, mereka akan memakannya, jadi sebaiknya Anda mencampurnya dengan ikan ukuran yang sama. Tersedia dalam berbagai warna aktif, termasuk hitam, coklat, biru, hijau dan abu-abu.

Tubuh pertunjukan yang khas ditutupi dengan campuran bintik-bintik, titik-titik dan garis-garis. Garis-garis bisa horizontal atau lateral, tergantung pada spesiesnya. Ikan ini tidak terlalu bergantung pada kualitas air, sehingga mudah untuk hidup dengan nyaman.

Harus ada area terbuka yang luas di dalam akuarium agar aktivitas bisa berenang dengan bebas. Batu, akar dan ornamen lainnya harus disisihkan. Mereka terkadang mencari tempat persembunyian setelah berenang.

7. Parrot Cichlid

Ikan Parroti adalah ikan yang damai dan direkomendasikan untuk digunakan dengan louhan. Dengan merah cerah, tubuh pendek dan kepala berparuh, mereka adalah tambahan yang aneh untuk akuarium komunitas mana pun.

Mata burung beo merah darah itu cekung, mulutnya selalu terbuka, dan dia selalu terkejut. Karena ikan ini memiliki gigi yang dalam di mulutnya, mereka tidak memiliki cara untuk menyerang ikan lain. Mereka cenderung menabrak ikan lain di akuarium dan pergi.

Burung beo merah darah bisa makan daging dan makanan nabati asalkan pas dengan paruhnya yang kecil. Penting bagi pemiliknya untuk memastikan bahwa ikan ini benar-benar dimakan. Mulutnya yang kecil dan bentuknya yang tidak biasa membuat mereka sulit bersaing untuk mendapatkan makanan.

8. Green Terror

Ikan hias air tawar hijau menakutkan ini sama agresifnya dengan louhan. Yang terpenting bagi ikan ini adalah kualitas airnya. Jaga agar air tetap bersih dan segar dan mereka akan dapat hidup dengan nyaman di akuarium. Setelah pertama kali ditemukan pada tahun 1860, mereka dapat ditemukan di habitat aslinya di Peru dan Ekuador.

Cichlid horor hijau suka berenang di akuarium, berkeliaran di sekitar semua dekorasi dan bermain dengan kerikil. Karena itu, mereka menempati hampir seluruh wilayah akuarium dan tidak ingin diganggu oleh ikan lain.

Mereka hanya mentolerir ikan dengan ukuran yang sama. Ikan yang lebih kecil mau tidak mau dimakan oleh mereka sekaligus, terutama saat musim pemijahan. Mereka juga menjadi lebih ganas seiring bertambahnya usia. Jika ikan memiliki cukup ruang untuk berenang dengan bebas dan ornamennya cukup besar, itu akan berhasil. Kengerian hijau umumnya lebih suka menghindari cahaya terang, bahkan jika mereka tidak peka terhadapnya.

9. Arwana Silver

Meskipun Arwana Silver tidak terlalu agresif, mereka dikenal karena kemampuan berburunya yang mengagumkan. Mereka cukup besar dan dapat diidentifikasi dengan rahang mereka yang tidak biasa dan mulut datar yang mengarah ke atas. Setiap sisik yang menutupi tubuhnya seperti mutiara perak yang berkilauan.

Ketika mereka remaja, sisik ini biasanya berwarna biru. Arwana silver, meski tampak kurus dari samping, sebenarnya hanya karena bentuknya yang panjang dan sisiknya yang mengkilat. Mereka sebenarnya cukup tebal, terutama untuk wanita.

Arwana adalah ikan yang bisa ditakuti dengan bergerak cepat keluar masuk akuarium. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti menyalakan lampu dapat mengejutkan mereka. Mereka kebanyakan berenang di dekat permukaan. Jika mereka merasa tangki terlalu kecil untuk mereka, mereka mungkin mencoba melompat keluar.

10. Giant Gourami

Seperti namanya, Giant Gourami adalah ikan yang lebih besar dan harus dipelihara di akuarium yang lebih besar. Tidak hanya mereka lebih besar, tetapi mereka juga makan lebih banyak dari rata-rata ikan hias. Akan menarik untuk melihat bagaimana penampilan ikan ini berubah seiring bertambahnya usia.

Di usia remaja, kepala mereka rata, dan seiring bertambahnya usia, mereka memiliki bibir besar dan rahang tebal yang perlahan menjadi bengkak. Wanita mudah dibedakan karena bibir yang lebih tebal. Gulami raksasa remaja biasanya merupakan campuran biru keperakan, kuning keemasan dan perak.

Mereka menjadi lebih gelap dan lebih gelap seiring bertambahnya usia, perlahan-lahan berubah menjadi abu-abu gelap. Dianjurkan untuk menyimpan hanya satu gurami raksasa di dalam tangki, karena satu-satunya ikan yang tidak dapat mereka toleransi adalah spesies mereka sendiri. Selama akuariumnya cukup besar, ikan ini tidak akan agresif terhadap ikan lain.

11. Pleco (Ikan Sapu - Sapu)


Pleco atau Ikan Sapu - Sapu adalah salah satu ikan yang paling ramah dan dapat dipelihara di tangki yang sama dengan pleco. Kehadiran spesies lain sebenarnya tidak mengganggu mereka, dan selama pleco berukuran sama dengan ikan agresif lainnya, mereka juga tidak akan diserang. Namun, jika ada ikan lain dari keluarga yang sama, pleco menguasai wilayahnya.

Mereka pasif di siang hari, menggunakan batu dan ornamen untuk bersembunyi. Ini adalah ikan yang aktif dalam kegelapan atau saat malam tiba di habitat aslinya. Bahkan ketika mereka aktif, mereka biasanya berenang perlahan ke dekat dasar akuarium. Mereka juga membersihkan ganggang saat bepergian, yang merupakan poin plus lainnya untuk jenis ini.

12. Three Spot Cichlid

Three Spot Cichlid adalah ikan bermata merah yang dapat ditemukan di bagian sungai Amerika Tengah yang mengalir lambat. Warna sisiknya campuran hijau dan kuning, dengan bintik hitam di sisi dan bintik merah di sebelah insang.

Fakta menarik tentang cichlid tiga titik adalah bahwa mereka adalah salah satu jenis ikan yang digunakan untuk membuat tanduk bunga. Mereka cenderung berenang dengan tenang di dasar reservoir, bersembunyi di antara akar, rumput, atau hiasan apa pun. Jika ada ikan kecil di akuarium, ikan ini pasti akan memakannya.

Cichlid tiga titik biasanya memakan serangga darat dan air. Aquarists yang merawat mereka untuk tujuan berkembang biak harus menempatkan mereka di akuarium besar dengan batu datar di mana betina bertelur.

13. Texas Cichlid

Texas Cichlids adalah pilihan tepat untuk semua penggemar ikan hias berkat warna cerah dan polanya yang unik. Ikan ini sangat agresif dan gigih mempertahankan wilayahnya, tetapi masih sangat populer karena penampilannya yang khas.

Jika Anda memelihara Texas cichlids, Anda tidak perlu khawatir tentang suhu air karena ikan ini dapat beradaptasi dengan akuarium yang hangat dan dingin. Ciri-ciri utamanya adalah tubuh rata, bentuk oval, mulut besar dan menonjol, serta bintik-bintik biru muda dan hijau dengan latar belakang coklat tua yang menutupi seluruh tubuh.

Ini adalah ikan omnivora yang memakan apa pun yang dapat ditemukannya. Namun, ikan ini cenderung menghasilkan lebih banyak sampah organik daripada ikan biasa, sehingga pemilik akuarium harus membersihkan akuariumnya dengan hati-hati. Texas cichlids harus dipasangkan dengan teman akuarium tertentu, jika tidak mereka akan menjadi sangat agresif.

14. Clown Loach

Apa yang membuat Clown Loach menjadi pilihan yang baik untuk pecinta ikan adalah penampilannya yang bergaris dan sifatnya yang menyenangkan. Mereka tidak agresif sama sekali dan lebih suka menjadi bagian dari kelompok ikan yang lebih besar.

Dalam kombinasi dengan kelompok kurang dari lima ikan, mereka akan bertindak pasif dan mencoba mencari perlindungan. Jika tidak, mereka benar-benar energik dan saling mengejar. Clown Loach juga suka "pura-pura mati," yang berarti berpura-pura mati dari waktu ke waktu, tenggelam ke dasar akuarium dan tidak bergerak. Itu hanya salah satu perilaku khas mereka, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Clown Loach mengikuti hierarki tertentu yang memaksa mereka untuk berperilaku dengan cara tertentu. Cara yang bagus untuk menghidupkan akuarium Anda adalah dengan menambahkan lebih banyak ikan ini. Loach muda akan selalu mengikuti alpha betina, meniru gerakannya. Itu menyenangkan untuk menonton.

15. Bichir Dragonfish

Banyak pecinta ikan hias ingin mendiversifikasi koleksi mereka dengan menambahkan bichir dragonfish alias palmas ke akuarium mereka. Ikan ini memiliki ciri khas tubuh seperti belut dan kepala seperti naga. Meskipun mereka tidak seagresif buaya, mereka masih memiliki kesempatan untuk memakan ikan-ikan kecil di dekatnya.

Bichir Dragonfish tidak memiliki masalah hidup dengan ikan yang lebih besar dari mereka. Mereka berenang dengan tenang di sekitar akuarium dekat bagian bawah. Karena penglihatan mereka yang buruk, mereka kurang bergantung pada mata mereka dan lebih suka mencari makan dalam gelap, mengandalkan indera lain.

Mereka terkadang merangkak di sekitar substrat, menggunakan ekor dan siripnya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Fakta menarik lainnya tentang bichir adalah mereka dapat menghirup udara melalui bagian atas kepala mereka. dan Dengan dua ciri tersebut, ikan ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan kehidupan di darat.

Cara mengatasi Ikan Louhan yang agresif

Cara termudah untuk mengurangi serangan ikan louhan adalah dengan menambahkan ikan lain ke dalam tangki akuarium. Jika mereka memiliki cukup ruang, keduanya akan berenang bersama, yang dapat mengurangi tingkat stres satu sama lain. Hampir setiap ikan dengan temperamen tinggi dan agresif harus memiliki banyak ruang untuk berenang.

Masing-masing dari mereka memiliki wilayahnya sendiri, jadi ikan lain tidak akan bisa untuk menyerang. Walau ikan louhan sekalipun. Letakkan cukup banyak ornamen, batu, atau elemen kayu di dalam tangki akuarium agar ikan lain dapat bersembunyi ketikan ikan louhan menyerang.

Perlu diingat bahwa ikan louhan merupakan ikan besar yang kadang-kadang menabrak sesuatu. Jika dekorasi tidak diatur dengan benar, akuarium dapat dengan cepat menjadi berantakan. Karena louhan tidak suka hidup di lapisan akuarium tertentu.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Ikan Manfish

Tankmate Ikan louhan yang harus dihindari

Louhan sangat agresif kepada ikan yang berukuran lebih kecil dari 25 cm. Ikan-ikan ini pasti tidak akan bertahan hidup di akuarium yang sama. Aturan praktisnya adalah mencocokkan agresivitas dan ukuran Ikan Louhan.

Bahkan beberapa ikan besar yang tenang, seperti ikan mas, diskus, dan angelfish, dapat mengalami masalah jika dicampur dengan tanduk bunga. Louhan juga tidak segan-segan memakan invertebrata yang mereka temukan di akuarium. Jika mereka memukul siput, udang. Atau udang karang, mereka akan langsung memakannya.

Dengan 15 ikan ini, siapa pun dapat mengisi tangki akuarium mereka dengan ikan yang dapat hidup bersama dengan nyaman. Kami menyarankan Anda memilih spesies agresif atau semi-agresif, masing-masing dengan kepribadian menarik yang pasti akan menyenangkan Anda.

Link Pembelian Ikan Hias

Untuk kalian yang tidak mau ribet kami berikan link pembelian ikan - ikan di atas ini untuk menjadi tankmate ikan louhan kalian, langsung aja cek di bawah link nya.

  1. Ikan Pacu : https://shope.ee/3pjH9IE1Zr
  2. Oscar : https://shope.ee/1AiVyYg8S8
  3. Midas Cichlid : https://shope.ee/WYaZBbN2
  4. Jaguar Cichlid : https://shope.ee/fmFNyHXpC
  5. Wolf Cichlid : https://shope.ee/7pFPvIHUcT
  6. Acara Cichlid : https://shope.ee/7UcZX1jgP2
  7. Parrot Cichlid : https://shope.ee/6Uk2LQqIaX
  8. Green Terror : https://shope.ee/3V6Qlxiq9I
  9. Arwana Silver : https://shope.ee/79zj8pNFZK
  10. Giant Gourami : https://shope.ee/402hNArCCG
  11. Pleco : https://shope.ee/6f3SY7tAWX
  12. Three Spot Cichlid : https://shope.ee/9UUQxqvTWq
  13. Texas Cichlid : https://shope.ee/9KB0lhDVhy
  14. Clownj Loach : https://shope.ee/6zn5za1JUQ
  15. Bicir Dragonfish : https://shope.ee/2AhqEmvMNV
Jangan lupa kalian cek juga Tiktok dan Youtube ngalongpedia biar kalian gak ketinggalan video menarik dari ngalongpedia.

Posting Komentar untuk "15 Ikan yang Cocok Di campur dan Di Jadikan Tankmate dengan Ikan Louhan"

RajaBackLink.com